Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Toyota Jadikan Prius Kesatu di Dunia

Kompas.com - 04/01/2011, 14:06 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Seperti kita ketahui, Prius hibrida paling laku di segmen "mobil hijau".  Meski sudah sukses, Toyota Motor Corporation belum puas dan bahkan masih punya ambisi besar. Produsen mobil terbesar di Jepang itu menginginkan Prius menjadi mobil terlaris–dari seluruh produk Toyota, termasuk dengan mesin konvensional–di Amerika Serikat dengan tenggang waktu sampai 2020.

Bob Carter, Vice President Toyota Group Divisi Penjualan AS, mengatakan, sampai kini sedan menengah Camry masih menjadi yang terlaris di Amrik. Tapi, Prius pun terlaku di segmennya, baik Jepang, AS, maupun Eropa.

"Kami akan akhiri dekade ini (2020) dengan Prius menjadi nomor satu di industri (otomotif AS). Camry akan tergeser ke posisi dua, tapi penjualan tetap sama-sama tinggi, bukan kanibal," ujar Carter, seperti dilansir autonews (3/1/2011).

Di AS, Toyota akan melengkapi varian Prius mulai dari model saat ini (hatchback), plug-in (pada 2012) dan Station Wagon yang akan muncul di North American International Auto Show di Detroit, 10 Januari mendatang. Mike Michels, juru bicara Toyota membocorkan, selain ketiga model itu perusahaan juga menampilkan model konsep tambahan tanpa mau menjelaskan lebih lanjut.

Prius berhasil melenggang di pasar "mobil hijau" selama 10 tahun dan mulai menghadapi kompetitor dari produsen lain. Akhir 2010 lalu, Nissan Motor Company meramaikan pasar dengan mobil listrik Leaf dan General Motors Company juga melepas sedan Volt plug-in.

Kehadiran rival-rival baru membuat pasar "mobil hijau" tercipta lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com