Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Terapkan BBM Ethanol 10 Persen

Kompas.com - 03/01/2011, 17:43 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Jerman sebagai salah satu kiblat industri otomotif dunia mulai menerapkan penggunaan bahan bakar dengan kandungan ethanol 10 persen (E10) per 1 Januari 2011 di semua pengisian BBM. Langkah ini merupakan bagian dari target jangka panjang untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan hingga 80 persen pada 2050 mendatang.

Sampai 2013, seluruh kendaraan masih boleh menggunakan BBM E5. Meski bertujuan positif, masih banyak pemilik kendaraan khawatir mengonsumsi BBM E10 karena takut akan merusak komponen pompa bensinnya.

Menanggapi hal ini, Menteri Negara Lingkungan, Konservasi Alam, dan Keamanan Nuklir (Federal Ministry for the Environment, Nature Conservation and Nuclear Safety) Jerman, seperti dilansir autobloggreen (2/1/2011) menyatakan, hampir 90 persen lebih  kendaraan yang beroperasi di Jerman sudah aman mengonsumsi E10.

Langkah konkret Jerman ini perlu  diikuti Indonesia. Pasalnya, pembatasan BBM bersubsidi (premium) pada Maret mendatang diprediksi menimbulkan gejolak inflasi yang besar. Apalagi, harga minyak dunia terus terkerek mengakibatkan harga BBM nonsubsidi (pertamax dan pertamax plus) naik signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com