Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Mancanegara Hubungkan Delapan Negara

Kompas.com - 02/01/2011, 09:26 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Ada megaproyek infrastruktur di Eropa, yaitu delapan negara sepakat membangun jalan tol guna menunjang industri otomotif, khususnya lagi kegiatan ekonomi. Dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev sudah melakukan penandatanganan final untuk memasukkan negaranya dalam jalur tol tersebut, seperti dilansir autoevolution, pekan lalu (31/12/2010).

Proyek jalan tol tersebut terbentang mulai dari Turki, Georgia, Rusia, Ukraina, Moldova, Romania, Bulgaria, dan Yunani yang mempunyai jarak 7.140 kilometer. Jalan tol tersebut masing-masing mempunyai empat jalur meski belum ada keterangan kapan akan dimulai. Namun, dalam kesepakatan bersama, setiap negara yang terhubung punya tanggung jawab menyelesaikan konstruksinya.

"Terciptanya infrastruktur transportasi akan menciptakan ekspansi kegiatan ekonomi dan inisiatif kewirausahaan. Dalam segi apa pun, sistem koneksi ini sangat penting karena belum bisa diakses saat ini," ujar Nikita Maslennikov, ahli infrastruktur dari Russian Institute of Contemporary Development.

Hebatnya lagi, megaproyek ini bukan yang terakhir. Kabarnya, ada inisiatif membangun jalan raya Eropa-Kaukasus-Asia yang menghubungkan Perancis ke China, melewati Belgia, Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, Kazakhstan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Kirgistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com