Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuih... Nano Laris Lagi

Kompas.com - 31/12/2010, 14:50 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com — Mobil termurah di dunia, Tata Nano, akhirnya mampu menaikkan kembali penjualannya di pasar domestik India hingga 5.000 unit pada Desember setelah sempat ambles pada November lalu ke posisi terendah 509 unit. Penjualan Nano ibarat rollercoaster sejak diluncurkan ke pasar pada Maret 2009 lalu. Padahal, Juli lalu, penjualan produk ini sempat menduduki level tertinggi, 9.000 unit.

Isu kualitas buruk dan terbakarnya sejumlah Nano membuat kepercayaan konsumen India menurun selama lima bulan terakhir. Namun, perusahaan menggelontorkan pasar dengan promo, mulai dari perpanjangan garansi hingga pemberian diskon, bunga murah, dan cicilan ringan sehingga mampu mendongkrak penjualan kembali.

"Penjualan Nano kembali naik dalam 10 hari terakhir. Supaya peningkatan penjualan bisa terjaga, insentif yang diberikan perusahaan harus dilanjutkan setelah 31 Desember ini," ujar salah satu sumber dari dealer Tata di Mumbai, dikutip economictimes, Kamis (30/12/2010).

Sementara itu, Tata Motors akan meluncurkan Nano facelift tahun depan dengan beberapa fitur tambahan, mulai dari power steering hingga transmisi 5-percepatan. Harga produk juga terkerek lebih mahal 5-10 persen dari sebelumnya.

"Perusahaan perlu berhati-hati pada masa mendatang karena peningkatan harga bisa mempersempit jarak dengan kompetitor dan bisa memicu konsumen pindah ke model lain," ujar Abdul Majeed, pengamat otomotif dari perusahaan konsultan PricewaterhouseCoopers, di Mumbai, India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com