Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Mantap Beraksi dengan Quadro 4D

Kompas.com - 31/12/2010, 14:36 WIB

MILAN, KOMPAS.com — Skuter 4-roda! Inilah kreasi terbaru dari desainer Piaggio MP3, Luciano Marabese. Karena itu jangan heran, konsep dan bagian depannya sama. Hanya bagian belakang yang berbeda. Pasalnya, skuter 4-roda yang diberi nama Quadro 4D ini menggunakan dua roda di belakang yang digerakkan oleh mesin.

Dengan penampilan sepeperti ini, konvergensi atau penggabungan fungsional sepeda motor dan mobil semakin maju. Menurut Luciano yang harus mendirikan perusahaan baru untuk memproduksi skuter ini, yaitu Quadro Tecnologie s.r.l, skuter 4-roda ini memiliki tingkat kenyamanan dan kemanan lebih baik dibandingkan sepeda motor dan skuter 2-roda!

Pasalnya, karena menggunakan 4-roda, traksinya dua kali sepeda mtotor 2-roda. Selanjutnya, skuter ini bisa dikebut pada kecepatan lebih tinggi dan jarak pengereman yang makin pendek. Bahkan, pada permukaan jalan yang tidak rata, misalnya polisi tidur, lubang, dan sebagainya, bagian lain dari Quadro 4D tetap bisa menapak dengan baik. Begitu juga dengan kemampuannya dalam menghasilkan traksi.

Nah, dengan kelebihan tersebut, Quadro Tecnologie berharap sudah bisa memasarkan skuter ini pada akhir tahun depan. Prototipe-nya sendiri sudah diperkenalkan ke publik pada Esposizione Internazionale Ciclo e Motociclo e Accessori (EICM) atau lebih dikenal dengan Milan Motorcycle Show, awal November lalu.

Skuter ini menggunakan mesin 500 cc dan jika sesuai rencana akan dijual dengan harga 9.000 euro (Rp 100 juta lebih). Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 40 PS, dan beratnya 240 kg. Fitur terbaru pada skuter ini—menurut perancangnya—adalah hydraulic tilting system (HTS) generasi kedua. Tepatnya, ketika dibelokkan, perangkat pada sistem miring skuter bekerja secara hidraulis.

Dijelaskan pula, sistem ini dipilih untuk memudahkan perawatan dibandingkan bila digerakkan oleh listrik. Untuk mengendarainya, baik versi 3-roda maupun 4-roda, pengendara harus menggunakan SIM mobil dan bukan sepeda motor.

Bukan pertama
Bagi Luciano Marabese dan rumah desainnya, Marabese Design, skuter 4-roda ini bukan karya pertamanya di dunia sepeda motor. Ia telah membuktikan kepiawaiannya lewat Piaggio MP3. Ia bahkan, melalui perusahaan, juga membuat Quadro 3-roda dan akan menjadi saingan langsung MP3. Karena itulah, pada produk barunya ini, Marabese tidak kesulitan menerapkan teknologi memiringkan (tilting) ketika skuter berbelok cepat. Ia sudah mengembangkan teknologi ini sejak 10 tahun lalu.

Sebenarnya, konsep sepeda motor 4-roda juga bukan karya terbaru Luciano. Ia telah merancang Yamaha Tesseract—sepeda motor empat roda—dan sempat dipamerkan di Tokyo Motor Show pada 2007. Ia pun berpengalaman di dunia desain sepeda motor selama 25 tahun dan menghasilkan 460 sepeda motor, termasuk untuk Aprilia, Piaggio, Triumph, Yamaha, Bajaj, dan Qingqi.

“Sekarang saya punya kesempatan menikmati apresiasi ide-ide saya tanpa mengurangi rasa senang bagi orang untuk melihatnya. Inilah yang saya tunggu begitu lama, yaitu membuat kendaraan untuk gaya hidup dengan penampilan lebih baik. Kalau dulu hanya mimpi, kini hal itu menjadi kenyataan,” beber Luciano tentang karya terbarunya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com