Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Hilux Taklukkan Kutub Selatan

Kompas.com - 27/12/2010, 13:28 WIB

KUTUB SELATAN, KOMPAS.com — Toyota Hilux berhasil menaklukkan medan terberat sepanjang 4.600 kilometer di Kutub Selatan. Pikap kabin ganda berjumlah 4 unit tersebut membawa sejumlah ilmuwan dari Indian National Centre for Antarctic and Ocean Research (INCAOR) untuk meneliti unsur kimia dalam salju sejak 10 November-5 Desember 2010. Mereka berangkat dari pangkalan udara Novo Air Base ke Kutub Selatan, pergi-pulang.

Untuk menaklukkan medan penuh berbagai rintangan yang ditempuh selama 26 hari, keempat Hilux telah dimodifikasi khusus oleh Arctic Trucks. Beberapa ubahan yang dilakukan antara lain kaki-kaki ditinggikan dan menggunakan ban besar layaknya ban mobil off-road. Selain itu, bagian depan dikasih motor kerek dan tanduk serta ruang dalam berpenghangat.

Dikutip rilis resmi Toyota Inggris, jelang Natal lalu, Hilux mampu melalui cuaca paling ekstrem di dunia yang mencapai minus 40 derajat celsius atau yang terendah hingga minus 56 derajat celsius. Jangan lupakan juga berbagai medan jalan yang terjal, licin, menanjak, sampai berbatu. Para peneliti yang tergabung dalam INCAOR mengaku sengaja memilih Hilux karena kemampuannya menaklukkan medan-medan ekstrem di dunia.

Saat dalam perjalanan, Hilux terbukti tangguh dan irit bahan bakar, meski harus dioperasikan 24 jam sehari untuk menjaga kehangatan ruangan. Dengan keunggulan ini, perjalanan di kawasan Antartika juga hemat dan lebih efektif, mengingat titik pengisian bahan bakar satu dengan lainnya berjarak 1.500 km.

Selain itu, Hilux yang memiliki bobot 2,2 ton punya kemampuan mengangkut 1,5 ton dan menarik beban 3 ton. Menggunakan Hilux, jarak tempuh ekspedisi kali ini lebih pendek dari yang pernah dilakukan sebelumnya dengan kendaraan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com