Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaris "Two Door" yang Lebih sporty

Kompas.com - 26/12/2010, 11:32 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Seandainya bentuk standar Toyota Yaris seperti punya Andre Mulyadi, bos bengkel Signal Kustom Built di Bandung, Jawa Barat, bukan tidak mungkin hatachback andalan PT Toyota Astra Motor ini - paling tidak - bisa menyamai pesaing utamanya di pasar domestik. Yaris yang empat pintu telah dimodifikasi jadi dua pintu (kupe) untuk kepentingan kompetisi di ajang final "Yaris Show Off (YSO) 2010". Hasilnya, karya Andre dinobatkan sebagai King Yaris Yaris Show Off.

Hebatnya, Andre mengaku pengerjaannya tak lebih dari 14 hari dengan konsep nyaris sempurna dan sesuai tema "all about fun". Sektor eksterior merupakan unsur penilaian paling tinggi, sehingga membangun mobil ini mengacu pada regulasi dan tema. "Makanya, ubahan bodi, pengecatan dan body kit menjadi kosentrasi utama," komentar Andre.

Pilar B dipotong Untuk mengubah bentuk dari empat menjadi dua pintu dengan cara memundurkan pilar B dan memanjangkan pintu depan. Ubahan yang pertama kali muncul di ajang YSO.

Jadi, pintu belakang dilepas, lantas diperhitungkan untuk membuat titik pancang penguat bodi agar bodi mobil tidak melintir saat pilar B dipotong. Titik pancang penguat bodi dipasang mulai dari bagian bawah steering column sampai pilar C.

Setelah pilar dilepas, berikut pintu yang dilepas dan dipotong menadi dua bagian (potong bagian tengah). Terus, bagian tengah ini disambung dengan pelat galvanis selebar 26 cm. Posisi pilar B disesuaikan dengan lebar pintu baru.

Bumper Untuk bodi, menurut Andre konsepnya sporty body kit dengan 3-piece bertujuan super presisi serta detail. Untuk depan dirancang menjadi 3 bagian (3-piece) bertujuangan mengejar detail pada setiap sudutnya. Bagian atas dan tengah menggunakan bahan FRP. Sedang lips bagian bawah dari karbon fiber.

Soal cat dipilih secara cermat dan tepat sesuai tem fun. Akhirnya, pilihan pada biru dari Sikkens. Katanya, sebenarnya warna dibuat seperti candy tone yang dikasih sedikit pigman pearl white, lantas di atasnya diberi xirallic ungu. Tujuannya, agar lebih shinny.

Inovasi body art lewat melukis tribal yang dilakukan Fahmi dengan menggunakan tangan termasuk juga terobosan di YSO. Pelek Volk Racing TE37 dibuat lebih eye catching dengan memadukan Mansory blue dan flouroscent yellow to green pada lips.

Ketika melongok interior, empat penumpang diubah menjadi satu jok (pengemudi). Di sini Andre mengaku mengikuti tema yang fun, "Kita mengendarai mobil ini benar-benar fun," katanya.

Dalam kabin itu, ada strong point, yakni Yaris Intelligent System (YIS) berupa rakitan komputer mirip in car PC yang daisambung pada monitor touch screen. Trus, dilengkapi dengan touch pad yang disebut num lock pad danUSB port. Andre mengklaim kalau YIS punya in car wifi. (Rendy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com