Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Bangun Sirkuit F1

Kompas.com - 23/12/2010, 19:39 WIB

UKRAINA, KOMPAS.com — Ukraina bakal menjadi negara pertama dari pecahan Uni Soviet menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap mobil paling bergengsi F1. Meski belum ditentukan tahunnya, tetapi pejabat dari Kiev (ibu kota Ukraina) sudah mengumumkan rencana untuk membangun sirkuit F1 dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam konferensi persnya dua hari lalu, Kepala Pemerintahan Daerah Anatoly Prysizhniuk menyampaikan ambisi wilayahnya untuk mendatangkan rombongan sirkus F1 dengan menyediakan dana Rp 9,03 triliun untuk membangun sirkuit yang berlokasi di dekat kota.

"Kami akan membangun sirkuit bertaraf internasional di Polissia dan kabupaten Ivankiv agar bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan F1," tegas Prysiazhniuk, seperti dikutip Kiev Post. Investor, lanjutnya, telah menemukan tempat yang akan dijadikan itu, selain sirkuit, juga ada hotel dan fasilitas lainnya. "Untuk sirkuitnya, panjangnya diperkirakan 5,2 km."

Mengenai kompleks sirkuit, termasuk lintasan balap, Prysiazhniuk membocorkan bahwa sirkuit itu akan dirancang oleh seseorang dari Denmark. Perancang ini telah membuktikan karyanya dengan trek di Singapura dan negara-negara lain, termasuk di Emirat.

Prysiazhniuk berharap pembangunan trek sudah bisa dimulai tahun depan. Meski demikian, ia tidak menjelaskan seperti apa ketertarikan bos F1, Bernie Ecclestone, untuk menampilkan F1 di negerinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com