Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Geser Jerman di Peringkat Keempat Dunia

Kompas.com - 23/12/2010, 19:03 WIB

BRASIL, KOMPAS.com — Menutup tahun 2010, Brasil mengukir prestasi spektakuler dalam industri otomotif. Negeri "Samba" tersebut berhasil menggeser posisi Jerman di urutan keempat sebagai penjual mobil terbesar di dunia. Posisi teratas dipegang oleh China dengan total 13,6 juta unit pada 2009, diikuti Amerika 10,4 juta (2009), dan Jepang 7,1 juta lebih (2009). Sementara Brasil, menurut data asosiasi produsen nasional Anfavea, tahun ini menjual total 3,45 juta unit.

Presiden Anfavea Cledorvino Belini mengatakan, total penjualan yang diraih itu masih belum sesuai dalam persentase dengan populasi penduduknya yang saat ini berjumlah 192 juta jiwa. Sedangkan jumlah kendaraan saat ini mencapai 30 juta unit dengan perbandingan, setiap tujuh rumah penduduk hanya ada satu kendaraan. Inilah yang membuat para perusahaan otomotif untuk menata dealer-dealer.

"Brasil pasar yang terus tumbuh di tahun-tahun mendatang dan kondisi ini akan menarik banyak investor. Sementara pasar Eropa dan Amerika memasuki tahap jenuh," ungkap Belini, yang menjadi pemimpin Fiat di Brasil.

Fiat sendiri memberi kontribusi 23,1 persen dari total penjualan di Brasil. Makanya, prinsipal dari Italia mengumumkan pembangunan pabrik keduanya untuk bisa menjadi nomor satu. Volkswagen membayang di tempat kedua dengan 22,7 persen dan General Motors ketiga dengan 21,2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com