Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan pada Toyota Vitz Baru

Kompas.com - 22/12/2010, 20:55 WIB

KOMPAS.com — Vitz atau di Indonesia lebih dikenal dengan Yaris, versi terkininya, generasi ketiga telah diluncurkan secara resmi di Jepang hari ini. Toyota menyebutnya Vitz Redesain atau didesain ulang yang berarti all new alias total baru.

Sekilas, penampilan hatchback kompak ini tidak berubah secara drastis dibandingkan dengan pendahulunya, Vitz Gen-2. Namun, bagian seperti lekukan bodi, bumper, dan bentuk lampu (depan dan belakang) didesain ulang. Hasilnya, Vitz ini tampil lebih gaya dan sporty.

Lebih Panjang
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Toyota Motor Corporation, Vitz baru dimensinya panjang, dari 3,750 mm menjadi 3,885. Panjang interior bertambah 35 mm atau menjadi 1.915 mm. Kendati demikian, radius putar (berbelok) justru lebih kecil, kini 4,5 meter (sebelumnya 4,7 meter). Lebar tidak mengalami perubahan, begitu juga dengan tinggi.

Dengan desain ulang, hambatan angin atau cd Vitz kini menjadi lebih rendah, 0,285. Hasilnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit (juga diperoleh dari sistem Toyota Stop & Start idling-stop).

Perubahan lain, Vitz kini hanya menggunakan satu penghapus kaca (wiper) yang dintegrasikan dengan penyemprot air. Lampu depan hidup dan mati secara otomatis dengan cahaya di luar mobil. Misalnya, begitu malam atau masuk terowongan, lampu akan hidup. Tambahan lain, kaca pintu depan diberi lapisan khusus yang bisa menurunkan sinar ultraviolet sampai 99 persen.  

Interior
Rancangan interior dirancang ulang agar penampilan makin dan memberikan kenyamanan lebih baik. Karena itulah, bagian depan, panel instrumen, sampai ke bagian dalam pintu dirancang secara horizontal. Tujuannya untuk menambah lega dan rasa aman. Jok belakang bisa dilipat dengan komposisi 6:4.

Bagasi sekarang juga lebih dalam 145 mm. Dek bagasi ditaruh pada dua ketinggian. Bila diset pada posisi tinggi, barang kecil bisa ditaruh di bawahnya. Jok juga bisa dilipat hampir rata. Jok penumpang kini dilengkapi dengan penghalang plastik untuk mencegah tas atau barang jatuh.

Selanjutnya, layar monitor multifungsi dilengkapi dengan informasi konsumsi bahan bakar saat mobil dijalankan, konsumsi rata-rata, dan jarak yang bisa ditempuh.

Mesin
Untuk mesin, kini Vitz menggunakan Dual VVT-i (Dual Variable Valve Timing-intelligent) yang dipasangkan dengan Super CVT-i (Super Continuously Variable Transmission-intelligent).

Dijelaskan, sistem Stop & Start idling bekerja dengan cepat. Ketika pedal gas ditekan saat berhenti dengan mesin mati, untuk hidup cuma butuh 0,35 detik. Mesin juga bisa langsung dikebut dari kondisi stop.  

Semua varian dilengkapi dengan electronic brake-force distribution (EBD) dan ABS. Juga ada kantong udara SRS untuk pengemudi dan penumpang depan.

Selain varian F dan U, saat diluncurkan, Toyota juga langsung memperkenalkan versi sport RS yang telah dilengkapi dengan aerokit di depan dan belakang.

Untuk transmisi, selain manual 5-percepatan, juga ditawarkan CVT-i 7-percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic melalui paddle shifter. Untuk warna eksterior tersedia 7 pilihan, sedangkan interior 4 warna.

Spesifikasi mesin
  IKR-FE INR-FE INZ-FE
Kapasitas                 cc 996 1.329 1.496
Tenaga maks. kW(PS) @rpm 51(69) @6.000 70(95) @6.000 80(109) @6.000
Torsi maks. Nm (kgf-m) @rpm 92 (9,4) @3.60 121(12,3)@4.000(2WD)
119(12,1)@4.000(4WD)
138(14,1) @4.400
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com