Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miniatur Motor Kuno Berharga Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 21/12/2010, 18:30 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Miniatur-miniatur sepeda motor kuno ini adalah koleksi almarhum Malcom Forbes, anak pendiri majalah Forbes di Amerika Serikat. Ukurannya 1-12 inci yang dibuat tahun 1920-an. Harganya, ketika belum lama ini dilelang di Sotheby, New York, AS, mencapai 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 135,6 juta.

Seperti tampak pada gambar, ada miniatur sespan bergaya Perancis bercat merah dan silver dengan tulisan “Auto-Cycle Paris” pada salah satu sisi gandengan itu. Ada lagi yang paling tua, sespan sepeda bermesin berwarna coklat berbahan nikel, lengkap dengan ban karet. Lalu, ada juga dua sepeda motor beroda tiga sebagai pengangkut barang yang disebut Wyandotte Humphrey Mobile dan Wyandotte Easter Bunny.

Keempat miniatur ini tergabung dalam semua koleksi lain Malcom, seperti miniatur replika kapal laut Lusitania sepanjang 1 meter yang diproduksi pada 1915 seharga 194.000 dollar AS (Rp 1,75 miliar). Selain itu, terdapat berbagai koleksi mainan lain, seperti kendaraan-kendaraan perang merek Jepang, seperti Alps, Bandai, Linemar, San, Matsudaya, Nomira, Yone, juga produksi Eropa, yakni Marx dan Hubley.

Semua koleksi mainan Malcom terjual dengan harga spektakuler, yaitu menyentuh angka 2,3 juta dollar AS (sekitar Rp 20,79 miliar). Nilai ini sekaligus membuktikan, hobi mengoleksi mainan merupakan aset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com