Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Ketangkap Kamera Tes "Hybrid" di Seri-5

Kompas.com - 20/12/2010, 14:17 WIB

JERMAN, KOMPAS.com — Bukan rahasia lagi jika BMW disebut-sebut sedang mempersiapkan versi hibrida dari sedan Seri-5 generasi terakhir. Sinyal ini sudah diperlihatkan produsen asal Bavaria tersebut pada Geneva Motor Show 2010 melalui studi Concept 5 Series ActiveHybrid. Seperti hasil intaian carscoop, mobil uji coba tersebut mengenakan "lencana" 535i dan sebuah tempelan bertuliskan "Hybrid Test Vehicle". Jadi, apa lagi yang mau disembunyikan?

Sebagai sebuah "benih", prototipe tersebut mengenakan sejumlah fitur unik sepeti yang sudah disuguhkan, misalnya tidak ada segaris lampu LED futuristik (seharusnya terletak di bagian depan-bawah), spoiler unik di bagian depan, dan velg berdesain spesial. Walau demikian, fitur-fitur tersebut diyakini akan tersedia jika mobil ini nanti jadi diproduksi secara massal.

Di balik kapnya diharapkan terdapat segala hal yang sudah diset dalam mobil konsep saat dalam pameran, antara lain mesin turbo BMW 6 silinder segaris dan mesin elektrik bertenaga 54 HP (40 kW). Andai kita melihat bahwa rata-rata tenaga mobil bermesin 3,0 liter turbo di AS mencapai 300 HP, maka kombinasi dari sistem penggerak ini bisa diasumsikan membuahkan tenaga hingga 340 HP.

Menurut BMW, jika dibandingkan dengan versi konvensionalnya, maka kombinasi tersebut mengurangi 10 persen emisi dan konsumsi bahan bakar. Bahkan, produk tersebut mungkin saja bergerak sepenuhnya dengan mengandalkan motor elektrik sehingga emisi berada pada titik nol untuk kondisi laju dengan kecepatan rendah.

Produksi dari versi Seri-5 hibrida tersebut mungkin akan diperkenalkan pada pameran-pameran internasional tahun depan. Adapun ia akan dijual pada 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com