Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia City Car Lotus

Kompas.com - 19/12/2010, 09:12 WIB

INGGRIS, KOMPAS.com - Padatnya lalu lintas di kota-kota metropolitan di dunia membuat prinsipal otomotif dunia berlomba-lomba menciptakan city car. Lotus pun yang dikenal dengan super carnya harus meninggalkan idealismenya untuk membuat mobil kecil.

Menurut CEO Lotus Dany Bahar kepada majalah CAR, pembuatan kendaraan supermini ini telah disetujui dengan mitra Lotus Proton (Malaysia) dan produsen mobil ketiga dan pabrik penyuplai komponen lainnya. "City Car kami telah dikonfirmasi dan akan diluncurkan pada Oktober 2013," tegas Bahar.

Ditambahkannya, city car bikinan Lotus nanti ada tiga versi untuk pemasaran yang berbeda. Satu untuk pasar Asia, satu untuk Eropa dan satunya lagi model sporty.

Direktur Teknis Lotus yang baru Wolf Zimmermann menginformasikan kalau timnya tidak aktif bekerja pada Lotus city car ini. Kubunya terkonsentrasi pada Lotus Esprit yang diperkenalkan 2013.

Mengenai jantung pacu, mobil tiga pintu berpenumpang 4 orang ini dibekali mesin 1,2 liter 3 silinder berteknologi hibrida. Baterainya berkapasitas 14,8 kWh dengan tenaga maksimum 162 kW (54 kW kontinyu) dan torsi 240 Nm.

Bagaimana akselerasinya? 0-50 km/jam butuh waktu 4,5 detik, sedang 0-90 km/jam dicapai dua kali lipatnya. Tapi, kecepatan maksimumnya tak kalah dengan Yaris atau Jazz standar, bisa mencapai 170 km/jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com