Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap F1 Dapat 11 Set Ban Setiap Seri

Kompas.com - 14/12/2010, 18:49 WIB

KOMPAS.com - Federasi Mobil Internasional (FIA) mengumumkan bahwa regulasi F1 untuk 2011 sedikit mendapat revisi, dimulai dari ban, mesin, girboks, sampai bila terjadi force-majeure. Untuk ban yang selama ini dipasok (tunggal) oleh Bridgestone, tahun depan diganti perusahaan ban dari Italia Pirelli.

Ketentuan lain mengenai ban, setiap pebalap dalam satu seri balapan diserahkan 11 set. Rinciannya, untuk sesi latihan resmi Jumat mendapat 3 set ban kering. Begitu usai latihan, salah satu set harus dikembalikan. Sisa yang 8 set dipakai untuk Sabtu dan Minggu dan salah satunya harus dikembalikan sebelum sesi kualifikasi.

Sama seperti 2010, setiap pebalap hanya memakai dua jenis ban kering pada Minggu sore (saat balapan) - kecuali saat start hujan jadi faktor lain - tidak peduli balapan dihentikan karena lain hal. Di sini FIA menerapkan aturan, bila lomba dihentikan untuk sementara dan ternyata tidak dapat dilanjutkan, maka para pebalap akan mendapat tambahan waktu 30 detik dari waktu yang telah dilaluinya. Trus, jika pebalap menyelesaikan lomba tanpa menggunakan kedua jenis ban itu (bila cuaca kering), maka hasilnya akan dianulir.

Selain ban, FIA juga mengubah soal girboks. Tahun depan, satu unit girboks dipakai untuk 5 seri balapan, plus satu girboks cadangan yang boleh dipakai tanpa terkena penalti grid. Kemudian, khusus 2011, di seri terakhir, para pebalap diperbolehkan menggunakan girboks pengganti tanpa dikenakan hukuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com