Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boleh Kagum, tapi Ini Bukan Ducati

Kompas.com - 10/12/2010, 16:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sosok sepada motor ini mengingatkan kita pada pebalap MotoGP, Casey Stoner, asal Australia. Betul! Adhen Pangestu dari bengkel Adhen Modified (AM) kepincut berat sama mantan juara dunia 2007 tersebut, sampai-sampai Yamaha Scorpio buatan 2005 yang dia miliki  dirombak menyerupai Ducati.

Modifikasinya terkesan sangat ekstrem dan mahal. Padahal, banyak jurus tipu-tipu sehingga dana yang dikucurkan tidak semewah bentuknya.

Seperti kaki-kaki yang lebih kekar, bagian itu pasti dikira pakai limbah moge. Padahal, tidak benar. Ia justru masih tetap memakai standarnya. "Depan masih pakai sokbreker asli, hanya dikasih kondom menggunakan pipa," ulas Adhen. Dengan trik ini, ukuran tabung peredam kejut jadi sesuai dengan dimensi bodi.

Kebetulan, velg menggunakan ukuran 3 inci. Oleh karena itu, dimensi jadi lebih pas. Begitu juga kaki belakang, dengan bodi yang sudah besar seperti ini, area itu dipastikan masih menggunakan monoshock asli. Hmm, apa enggak ambles?

Sementara itu, lengan ayunnya sekarang terlihat lebih besar layaknya punya moge. Ternyata, bagian itu masih asli. Menurut Adhen, lengan ayun hanya dibentuk ulang dengan penambahan pelat besi menjadi seperti apa yang digunakan pada Ducati.

Dari kaki-kaki lantas beralih ke bodi. Kejelian Adhen menjiplak terbukti piawai. Tengok desain buntut yang "copy paste" dengan Desmosedici GP9. Semua itu terbuat dari bahan fiberglass. Karena dipakai buat harian, maka bagian seperti lampu utama tetap dipertahankan. Hanya, posisinya rada ngumpet di bagian bodi depan.

Tipuan lain dari modifikasi ini ada pada knalpot undertail yang pas banget sama desain bodi. Lantas, ke mana knalpot aslinya? Posisinya berada di bawah, dekat fairing sebelah kanan. (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com