Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Boyong Avanza ke India

Kompas.com - 10/12/2010, 16:37 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com — Toyota Motor Corporation (TMC) terus menggempur India dengan berbagai produk dan rangkaian model baru. Setelah meluncurkan mobil termurah, Etios, pada awal bulan ini, Toyota berencana memboyong produk terlaris di Indonesia, Avanza, ke Negeri Sari, akhir tahun depan atau awal 2012.

Sebenarnya, awal tahun ini, Kompas.com pernah mengabarkan rencana PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia mengekspor Avanza dalam bentuk terurai ke India. Namun, sampai sekarang belum ada realisasinya. Nah, produk hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota itu nantinya diposisikan mengisi ceruk pasar di antara Innova dan Etios.

Senior Vice President Toyota Motor Asia Pacific Vince S Socco mengatakan, masih ada potensi pasar yang belum digarap di India. "MPV bisa menjadi alternatif utama. Toyota sampai sekarang mengaku masih melakukan penelitian mendalam untuk produk yang satu ini," ungkapnya.

Vince mengaku, belum ada kepastian kapan MPV baru ini diluncurkan di India. Jika benar diluncurkan, maka hal itu baru bisa terealisasi dalam jangka waktu satu sampai dua tahun.

Toyota berambisi menaikkan penjualannya di India sampai dua kali lipat pada 2011. Model termurah, Etios, diplot Toyota sebagai lokomotif untuk memperbesar pangsa pasar Toyota di India.

Untuk Etios, Toyota menambah investasi baru 110 juta dollar AS sampai 2013 dengan meningkatkan kandungan lokal dari 70 persen menjadi 90 persen. Perusahaan pun tak akan terlalu bergantung pada pasokan komponen impor dan langkah ini dinilai lebih ekonomis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com