Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Pelumas Pertamina Capai 240 Juta Dollar AS

Kompas.com - 04/12/2010, 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) melaporkan kalau kinerja ekspornya tahun ini diperkirakan mencapai 240 juta dollar AS. Sampai kini, perusahaan minyak pelat merah ini sudah memasok pelumas ke beberapa negara di dunia, seperti Jepang, Australia, China, Pakistan, Singapura, Malaysia, dan Kamboja.

Vice President Pertamina Lubricants Supriyanto DH mengatakan, Jumat (3/12/2010), bahwa sampai akhir tahun ini, ekspor pelumas minimal mencapai 80.000 kiloliter. Sampai Oktober saja, pengiriman ke luar negeri antara 60.000 kiloliter dan 70.000 kiloliter dengan harga per liter 3 dollar AS.

Komposisi pelumas Pertamina yang diekspor masih didominasi oleh segmen otomotif (sampai 70 persen) dan sisanya sektor industri atau permesinan (30 persen). Tahun depan, lanjut Supriyanto, Pertamina berharap bisa lebih meningkatkan kinerja ekspor setidaknya meningkat 20.000 kiloliter-30.000 kiloliter dari pencapaian tahun ini.

Menurutnya, China menjadi pasar utama yang diharapkan bisa menyumbang penyerapan terbesar. "Di sana (China), pertumbuhan industri otomotifnya luar biasa besar. Total permintaan pasar pelumas setahunnya mencapai 8 juta kiloliter. Ini yang coba kami bidik nantinya," beber Supriyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com