Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Vitz Baru, Paling Irit di Jepang

Kompas.com - 02/12/2010, 17:21 WIB

TOYOTA CITY, KOMPAS.com — Produk terbaru Toyota Vitz (di beberapa negara dinamakan Yaris), yang dipasarkan di Jepang dengan mesin bensin 1,3 liter dan sistem stasioner Stop & Start, diklaim memperoleh predikat “Mobil Paling Irit di Jepang.” Hal tersebut diumumkan pada hari ini oleh Toyota Motor Corporation (TMC).

TMC juga mengumumkan bahwa Vitz baru yang akan diluncurkan di Jepang pada akhir tahun ini memiliki perbandingan konsumsi bahan bakar 26,5 km per liter pada metode tes siklus 10-15 dari Japanese Ministry of Land, Infrastructure, Transport, and Tourism (MLIT).

Konsumsi bahan bakar Vitz baru dikatakan 25 persen lebih baik dari standar nasional Jepang, yaitu 21,8 km/liter. Sementara itu, emisi CO2 mobil ini hanya 88 gram/km dengan metode tes MLIT dan 106 gram/km dengan tes JC08.

Emisi NOx dan hidrokarbonnya juga lebih rendah 75 persen dari standar 2005 yang ditetapkan oleh MLIT. Pengumuman emisi ini digunakan oleh Pemerintah Jepang untuk menentukan pajak bagi kendaraan ramah lingkungan. Dalam hal ini, Vitz memperoleh 75 persen pengurangan pajak untuk berat dan akuisisi serta 50 persen untuk pajak mobil.

Inilah cara Pemerintah Jepang mendorong masyarakat dalam membeli mobil ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com