Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot 3008 dan 5008 Akan Diimpor SKD

Kompas.com - 26/11/2010, 19:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Langkah yang dilakukan PT Astra International Tbk-Peugeot Sales Operation untuk membuat mobil yang dipasarkan di Indonesia agar lebih terjangkau harganya yaitu merakit dengan cara semi-knocked down atau SKD.

Constantinus Herlijoso, CEO PT AI Tbk-PSO, menjelaskan, Peugeot Perancis berpendapat, impor SKD lebih berpeluang ketimbang completely knocked down (CKD). Pasalnya, investasi lebih sedikit dan waktunya juga lebih cepat. "Investasi SKD sekitar Rp 5 miliar dan bisa menggunakan fasilitas yang ada, misalnya, menggandeng Gaya Motor," ujar Herlijoso di sela peluncuran Peugeot 5008 di Jakarta, Jumat (26/11/2010) ini.

Perbedaan mendasar antara CKD dan SKD adalah bentuk impornya. Kalau CKD terurai penuh, sedangkan SKD mesin dan bodi utuh, hanya beberapa bagian kecil komponen yang masih terpisah.

Untuk itu, Peugeot Perancis akan mengirimkan delegasinya ke Indonesia mulai tahun depan untuk mempersiapkan rencana SKD. "Diperlukan sekitar 6 bulan untuk memulai SKD di sini. Mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun depan," jelasnya.

Kalau di Malaysia Peugeot merakit 207, di Indonesia PT AI-PSO mengusulkan dua model, yakni 3008 dan 5008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com