Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Sportage dan Venga Terbaik di Tes Euro NCAP

Kompas.com - 25/11/2010, 11:16 WIB

EROPA, KOMPAS.com — Dua model Kia terbaru, yakni Sportage dan Venga, mendapat rating keselamatan 5 bintang dari hasil uji tabrakan oleh organisasi keselamatan independen Eropa, Euro NCAP. Hasil ini menempatkan crossover dan MPV yang telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan aktif dan pasif itu berada paling atas di kelas masing-masing.

Sportage mengantongi nilai tertinggi 93 persen untuk kategori Perlindungan Penumpang Dewasa, 86 persen Perlindungan Penumpang Anak, 49 persen Perlindungan Pejalan Kaki, dan 86 persen Safety Assist. Adapun Venga mendapat masing-masing 89 persen, 85, 64, dan 71 persen dalam kategori yang sama.

Selain itu, kedua model Kia tersebut juga mendapat pujian untuk sistem kontrol stabilitas elektronik (ESC) sebagai perlengkapan standar. "Ini pengakuan terbaru dari Euro NCAP dalam hal menyoroti tingkat keselamatan pada kendaraan, khususnya untuk produk Kia," komentar Benny Oeyen, Vice President Marketing & Product Planning Kia Motors Europe.

Ini contoh pertama, lanjut Benny, bahwa para insinyur Kia merancang kendaraan yang memudahkan pengemudi menghindar dari bahaya berkat visibilitas yang baik, pengereman yang bagus, dan kestabilan. Itu saja tak cukup. "Pemilik Kia harus tenang ketika berkendara kalau dia dan penumpang telah dilindungi teknologi keselamatan pasif yang terbaik," Oeyen menyimpulkan.

Khusus Venga, ini merupakan pengujian yang kedua. Uji kali pertama dilakukan pada awal 2010 dan saat itu meraih 4 bintang. Tidak puas dengan hasil tersebut, para insinyur melakukan perubahan-perubahan kecil, seperti merevisi spesifikasi model dan menerapkan hal itu pada produksi September, kemudian diperkuat di semua bidang.

Unsur keselamatan juga ditingkatkan. Meski sudah ada 6 kantong udara (airbag), khusus buat penumpang depan ada cut-off switch. Khusus untuk pasar Eropa, Venga sudah dilengkapi rem ABS dengan brake assist system (BAS), electronic stability control (ESC), dan hill assist control (HAC).

Teknologi tersebut juga ada pada Sportage. Karena juga dipakai menjelajah medan off-road, maka crossover ini dikasih dowhill brake control (DBC) dan cornering brake control (CBC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com