Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tersandung "Pedal Gas" Toyota

Kompas.com - 24/11/2010, 10:59 WIB

DETROIT, KOMPAS.com — Kasus "penyakit" pedal gas yang dialami Toyota sampai harus me-recall jutaan unit produksinya, tampaknya menular ke produsen mobil Jepang lainnya, yaitu Honda. Sementara Lembaga Keselamatan Jalan Raya dan Lalu Lintas  (National Traffic Safety Administration/NHTSA) belum memutuskan akan melakukan penyelidikan secepatnya meski sudah menerima dokumen dan komplain.

Terungkapnya persoalan ini bermula dari seorang wanita yang identitasnya tak ingin disebutkan mengeluhkan peristiwa kecelakaan yang dialaminya pada Juli 2005. Honda Accord 2005 hybrid yang dikemudikan, katanya, menabrak akibat rem tidak bekerja sempurna. Kemudian, gasnya tak mau turun (seperti nyangkut).

Akibat kejadian itu, dirinya tidak mengalami luka serius, tetapi beberapa penumpang di dalam kendaraan mengalami luka-luka dan ada satu orang yang tewas.

Laporan ini disampaikan kepada pihak berwenang, dalam hal ini Office of Defects Investigation dan menjadi indikasi kuat bagi NHTSA untuk menyelidiki lebih dalam karena telah merenggut satu nyawa.

NHTSA menyatakan akan mempelajari lebih jauh apakah ada hubungan kuat antara isu recall Accord Hibrida dan sistem kontrol pengereman yang bermasalah. Dikatakan, dalam dokumen pengaduan tercatat 22 pelapor melaporkan hal tersebut dari kedaraan Accord Hybrid dan Civic Hybrid. Total, 25.000 unit kendaraan dicurigai mengidap "penyakit" yang sama.

Honda menyatakan masih terlalu dini untuk mengomentari komplain tersebut. Laporan itu dinilai kurang spesifik dan mobil hibrida mereka dinilai memiliki sistem pengereman yang mumpuni. Honda juga mengaku sangat sedikit menerima keluhan terkait akselerasi yang tak bisa dikendalikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com