Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Memulai Elektrifikasi Mobil dengan i-MiEV

Kompas.com - 20/11/2010, 16:55 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Pemerintah Singapura melangkah lebih awal dalam mengaplikasikan program penggunaan kendaraan listrik. Hal tersebut dicerminkan dari penandatanganan kerja sama Mitsubishi Motors Corporation dan distributornya, Cycle & Carriage Automotive dengan Pemerintah Singapura.

Dalam kesepakatan itu, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan CCA akan memasok 25 mobil listrik i-MiEV ke Dewan Pengembangan Ekonomi (Economic Development Board) Singapura. Di dalam dewan itu terdapat aparatur negara di bidang energi dan transportasi darat.

Sebagai imbalan, Pemerintah Singapura diminta membangun infrastruktur berupa pusat pengisian baterai di negara tersebut dan meneliti lebih jauh kelebihan yang diperoleh dari penggunaan kendaraan listrik.

"Kami gembira menerima Mitsubishi Motor sebagai pemasok perdana mobil listrik dalam program uji coba di Singapura," ujar Leo Yip, Chairman Singapore Economic Development Board.

Yip menegaskan, kerja sama ini merupakan contoh konkret kemampuan Singapura sebagai negara pusat penelitian produsen otomotif dunia.

"Singapura merupakan pasar ideal bagi mobil listrik. Kehadiran i-MiEV di negara ini akan memperbaiki masa depan Singapura," ujar Osamu Masuko, President of Mitsubishi Motors.

Sebagai informasi, i-MiEV adalah mobil listrik dari Mitsubishi. Mobil tersebut sudah dijual di Jepang, Hongkong, dan Australia. Kehadiran mobil ini juga disambut meriah di seluruh dunia, termasuk beberapa negara, antara lain Monako, Islandia, dan Denmark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com