Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yellow Rescue, Bentuk Kepedulian Bikers untuk Merapi

Kompas.com - 15/11/2010, 17:51 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Letusan Gunung Merapi telah merenggut lebih dari 130 nyawa dan ratusan ribu orang terpaksa mengungsi. Bencana yang masih terus menggeliat itu telah mendorong komunitas sepeda motor di Indonesia dengan bendera Yellow Rescue berusaha untuk memberikan dukungan moral dan materiil kepada para korban.

Setiap harinya tim Bikers Peduli aktif (didukung para biker lintas komunitas dan klub di Indonesia) mendistribusikan bantuan berupa penyediaan kebutuhan anak balita dan para lansia, seperti makanan, selimut, dan pakaian.

Selain program distribusi bantuan, mereka juga memiliki komitmen kuat untuk memberikan dukungan moral kepada anak-anak pengungsi dan relawan korban bencana Gunung Merapi melalui program edukasi serta permainan dan pemutaran film di lokasi pengungsian Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dan diikuti  50-200 anak untuk setiap agenda.

Tak cuma itu, tim Bikers Peduli juga menyelenggarakan program Riding Experience "Aku dan Motor Impianku" yang bertujuan memberikan semangat kepada anak-anak di pengungsian untuk tetap memperjuangkan mimpi dan harapannya. Dalam kegiatan ini, anak-anak dibebaskan memilih berkendara/dibonceng dengan sepeda motor impiannya, antara lain motor besar, motor antik, motor sport, dan motor trail. Kegiatan ini diikuti tidak kurang oleh 500 anak. Mereka tampak antusias dengan keberadaan acara ini.

"Kami hanya mencoba memberikan semangat sehingga mereka bisa kembali memperjuangkan cita-cita mereka, sekaligus memberikan sebuah pengalaman yang senatiasa akan diingat oleh anak-anak ini," ungkap Lulut Wahyudi, koordinator Yellow Rescue–Bikers Peduli, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (15/11/2010) pagi.

Dalam rangkaian kegiatan ini terdapat pula acara servis gratis sepeda motor relawan logistik dan polisi berjumlah 36 unit yang selalu siaga 24 jam mendistribusikan kebutuhan pengungsi. Lokasi servis terletak di posko pengungsian Stadion Maguwoharjo dengan tenaga mekanik dari tim Kawasaki Yogyakarta. Kegiatan Bikers Peduli juga dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menampilkan hiburan band dari Polda DI Yogyakarta dan juga kesenian Wayang Hip-Hop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com