Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Eropa Rayakan Unit Ke-20 Juta

Kompas.com - 11/11/2010, 19:46 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Toyota merayakan pengiriman unit ke-20 juta di Eropa, suatu pencapaian yang sukses diraih hanya dalam waktu 10 tahun setelah mencatat penjualan 10 juta unit di Benua Biru ini. Toyota memasuki pasar Eropa untuk kali pertama pada tahun 1963 dengan mengirim model Toyota Crown 190 ke distributor mereka di Denmark.

Saat ini, Toyota adalah salah satu produsen otomotif terbesar di Eropa, dengan memiliki sembilan pabrik yang memproduksi mobil, mesin, dan transmisi, penelitian dan pengembangan, desain, serta pusat pelatihan. Toyota berinvestasi 1,2 miliar euro dan memperkerjakan 3.000 orang di Eropa.

Produksi pertama Toyota di Eropa dimulai pada 1992 di Inggris dengan pembukaan pabrik Burnaston dan pabrik mesin di Deeside, Wales Utara. Inggris tetap menjadi salah satu pasar terkuat Toyota, dan sejak penjualan dimulai 1965, lebih dari 2,7 juta mobil telah dijual di sini.

Investasi terus bertambah. Yang paling akhir, Toyota menjadikan Burnaston pusat produksi Auris hibrida dengan menggunakan mesin bensin yang diproduksi di Deeside.

Mobil yang masuk pada catatan produksi ke-20 juta adalah sebuah Toyota Verso 2.0 D-4D yang dibuat di pabrik Adapazari di Turki. Mobil ini diserahkan kepada Jimenez Gabriel, pembeli dari Madrid, Spanyol, dalam sebuah pesta perayaan di kantor Toyota Spanyol (TES). Perayaan ini dihadiri oleh Miguel Fonseca selaku Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Toyota Motor Eropa serta Orhan Ozer selaku Presiden dan CEO Toyota Motor Manufacturers Turkey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com