Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyum Lebar GM, VW, dan Ford di China

Kompas.com - 10/11/2010, 16:52 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Tiga prinsipal otomotif dunia, General Motors Company (GM), Volkswagen (VW), dan Ford Motor Company tersenyum manis di China. Perusahaan-perusahaan itu mengalami peningkatan penjualan di Negeri Tirai Bambu yang tercatat sebagai pasar terbesar di dunia.

GM, misalnya, mengalami peningkatkan penjualan 19,6 persen dari sebelumnya. Adapun penjualan VW yang menggandeng mitra lokal SAIC Motor bahkan melonjak lebih besar hingga 45,3 persen. Sementara itu, Ford sebagai salah satu pemain baru di China masih lebih hebat dari saudaranya, GM, dengan kenaikan 33 persen.

Sepanjang Januari-Oktober 2010, total volume pasar domestik China meningkat 27,1 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Lonjakan dipicu adanya aksi spekulasi konsumen yang berbondong-bondong membeli mobil karena rencana pencabutan subsidi langsung pemerintah pada akhir tahun ini.

"Pasar sepertinya sempat kehilangan semangat pada Juni dan Juli lalu, tapi kembali bergejolak memasuki bulan Agustus. Pada akhirnya, kondisi pasar akan lebih positif lagi sampai akhir tahun ini," ujar Chen Liang, analis dari Huatai Securities di Beijing, China.

Namun, lonjakan ini tak semua dirasakan prinsipal otomotif. Buktinya BYD selaku produsen otomotif negara itu masih mengalami penurunan penjualan bulanan untuk kali ketiga. Toyota juga mengalami nasib sama dan merupakan penurunan penjualan kali pertama selama 18 bulan terakhir.

Menurut Asosiasi Industri Otomotif China (CAAM), total pasar kendaraan penumpang di China pada Oktober lalu menyentuh 1,2 juta unit atau naik 19,3 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 946.400 unit. Jika ditambah dengan kendaraan penumpang, total penjualan mencapai 1,54 juta unit atau naik lebih besar 25,5 persen dari sebelumnya.

Penjualan mobil di China diprediksi akan tetap berada di atas 1 juta unit per bulan pada sisa dua bulan terakhir ini. Banyaknya promosi dan insentif pemerintah membuat pasar kembali bergairah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com