Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Nissan Serena Hadir 29 November

Kompas.com - 08/11/2010, 18:29 WIB

YOKOHAMA, KOMPAS.com — Nissan Motor Corporation mengumumkan peluncuran generasi baru Nissan Serena, Senin (8/11/2010) ini, dan mulai dijual di dealer di seluruh wilayah Jepang pada 29 November. Serena sukses menjadi MPV dengan penjualan terbaik selama tiga tahun berturut-turut (2007-2009) dan telah terjual lebih dari satu juta unit di Jepang sejak pertama kali diluncurkan pada Juni 1991.

Nissan mengklaim Serena kali ini memiliki ruang kabin yang lebih lapang dan leluasa, dengan berbagai fitur praktis, seperti ruang penyimpanan yang berlimpah dan yang terpenting, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien berkat penggunaan teknologi sistem injeksi langsung, dan sistem Idling Stop yang pertama kali digunakan Serena.

Rendahnya konsumsi bahan bakar mesin MR20DD berkapasitas 2,0 liter karena torsi yang besar sehingga tak perlu tekan pada pedal gas yang dalam. Dengan begitu, dapat membatasi penggunaan bahan bakar. Nissan mengklaim konsumsi bahan bakar Serena dapat mencapai 15,4 km/liter.

Sistem kontrol bukaan katup hisap dan buang menghasilkan efisiensi dengan mengurangi gesekan antara komponen mesin. Penggunaan transmisi CVT Xtronic pada mesin MR20DD juga menghasilkan akselerasi yang lembut dan responsif.

Sementara sistem Idling Stop, yang akan mematikan mesin saat mobil dalam kondisi stasioner, turut menyumbang rendahnya konsumsi bahan bakar. Nissan menggunakan motor starter ECO dengan sabuk untuk menyalakan mesin, bukan motor starter konvensional yang menggunakan gear. Hal ini menjadikan proses penyalaan mesin menjadi lebih cepat dan lebih halus.

Serena dilengkapi dengan berbagai kelengkapan keselamatan, antara lain Vehicle Dynamic Control, Traction Control, Hill Start Assist, dan Auto Speed Control Device. Banderol harganya mulai dari 2.163.000 yen (26.600 dollar AS) hingga 2.761.500 yen (34.000 dollar AS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com