Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Klaim Biaya Perawatan Fiesta Lebih Murah

Kompas.com - 04/11/2010, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengklaim jika biaya perawatan dan perbaikan (kepemilikan) Ford Fiesta lebih rendah dari kompetitor di kelasnya. Keyakinan ini diungkapkan Gumgum Prijadi, Direktur Layanan Konsumen FMI saat peluncuran Ford Fiesta di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jakarta hari ini (4/11/2010).

Menurut Gumgum, berdasarkan perhitungan FMI, biaya perawatan berkala selama 3 tahun atau 100.000 km yang dikeluarkan pemilik Fiesta lebih rendah 10 hingga 28 persen. "Kami bandingkan dengan tiga merek sekelas lainnya, apa yang akan dikeluarkan oleh konsumen kami tetap lebih rendah, meskipun kompetitor membebaskan (gratis) biaya jasa hingga 50.000 km pertama," tegasnya.

Ford bisa melakukan itu karena ada beberapa komponen Fiesta yang tak perlu diganti atau memiliki masa pemakaian lebih lama dibandingkankan kompetitornya. "Beberapa komponen seperti drive belt dan filter bahan bakar pada Fiesta tak perlu diganti. Selain itu, oli transmisi dan oli rem juga memiliki masa pemakaian seumur hidup," ujar Gumgum.

Sementara untuk perbaikan mendadak akibat adanya kerusakan teknis, Ford juga mengklaim biaya yang dikeluarkan konsumen Fiesta tetap lebih rendah antara 5 hingga 12 persen. "Karena, komponen suku cadang yang kami miliki selain lebih murah, juga lebih mudah diperbaiki," jelas Gumgum.

Aksesoris Resmi Untuk membuat tampilan Fiesta semakin menarik, Ford juga menawarkan aksesoris resmi yang tersedia di dealer-dealer. Jumlahnya 27 item dan masih ada 82 item lain yang akan menyusul kemudian.

"Semua aksesoris telah diuji kelayakannya, dan sesuai dengan standar Ford global," ujar Gumgum. Ford juga menggaransi produk-produk aksesoris resmi ini selama 12 bulan atau 20.000 km.

Meski begitu, Ford masih harus mengakui jika rival-rival utama di kelasnya masih unggul soal jaringan purna jual yang lebih banyak tersebar di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com