Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Mogok Landa GM di India

Kompas.com - 31/10/2010, 16:10 WIB

GUJARAT, KOMPAS.com — General Motors tengah dipusingkan aksi mogok para pekerja di pabrik Halol di Gujarat, India, yang mengakibatkan aktivitas terhenti dan produksi terganggu. Sedikitnya, tercatat 450 pekerja menuntut kenaikan gaji.

Aksi mogok dilakukan sejak Sabtu (30/10/2010) dan terus berlanjut sampai hari ini. Padahal, sebelumnya GM sudah menjanjikan ada kenaikan gaji, tetapi realisasinya tak kunjung tiba, sampai akhirnya terjadi aksi demo. Dampak lain, rencana menaikkan kapasitas produksi dengan menambah jumlah shift menjadi tiga dari sebelumnya dua pun gagal. Manajemen GM menyatakan menerima tuntutan pekerja dan segera menemui mereka untuk diajak diskusi.

Di Halol, GM memproduksi berbagai model, seperti Aveo U-Va, Aveo sedan, Optra sedan, Cruze, dan Taveral. Setiap hari, kapasitas produksi mencapai 150 unit dan mempekerjakan 900 pekerja.

"Sampai kini, kerugian produksi mencapai 225 unit karena permasalahan ini. Produksi di shift pertama tak bisa dilaksanakan. Kami harap bisa mencapai kesepakatan dengan pekerja dan pabrik kembali berproduksi segera," ujar Vice President GM India P Balendran, seperti dilansir autoevolution, Sabtu (30/10/2010).

"Saat berbicara di depan publik, mereka (GM) mengaku sebagai perusahaan multinasional, tetapi gaji kami hanya setengah dari pabrik otomotif lain di India. Kami menuntut adanya kesamaan nasib," ujar salah seorang pekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com