Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat! Robot Asimo Ultah 10 Tahun

Kompas.com - 31/10/2010, 15:37 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Bagi pencinta otomotif di Indonesia, pasti kenal dengan ASIMO. Itu lho, robot yang lincah dan gesit serta menggemaskan ciptaan Honda Motor Co (HMC). Nah, hari Minggu (31/10/2010) ini, tanpa terasa maskot Honda tersebut genap berusia 10 tahun dan tengah merayakannya.

HMC secara khusus meluncurkan situs khusus http://world.honda.com/ASIMO yang menampilkan evolusi ASIMO selama 10 tahun ini. Ada juga aplikasi khusus yang bisa diunduh untuk berbagai model smartphone dan iPhone untuk berinteraksi secara virtual dengan robot ini melalui ponsel.

ASIMO diciptakan sebagai bagian dari penelitian dan pengembangan Honda di bidang robot satu dekade yang lalu. Sekarang ASIMO terus berkembang, mampu melakukan berbagi kegiatan layaknya manusia mulai dari jalan, lari, naik tangga, memegang benda, merespons perintah, mengenali wajah, sampai menghindari obyek rintangan.

Keberadaan sang robot selalu menjadi bagian dari promosi Honda dalam bidang teknologi. Ia telah terbang ke mancanegara dengan menggunakan pesawat khusus untuk ikut menyukseskan acara Honda.

Tujuan akhir Honda adalah menciptakan robot yang mampu membantu kehidupan manusia dalam kegiatan sehari-hari, termasuk melakukan hal berbahaya, seperti memadamkan api sampai membersihkan tumpahan zat asam tanpa membahayakan manusia itu sendiri.

Honda menyatakan akan terus meneruskan penelitian dan pengembangan ASIMO untuk meningkatkan kemampuannya. Honda juga berharap bisa menciptakan sebuah robot yang bisa berinteraksi langsung dengan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com