Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Red Bull Start 1-2, Vettel Tercepat di Yeongam

Kompas.com - 23/10/2010, 13:15 WIB

YEONGAM, KOMPAS.COM - GP F1 Korea untuk pertama kali yang digelar Minggu (24/10/2010) menempatkan Sebastian Vettel start paling depan. Pebalap Red Bull Racing tersebut dalam sesi kualifikasi yang digelar di sirkuit Yeongam, Sabtu (23/10/2010) mencatat waktu terbaik 1 menit 35,585 detik.

Waktu tercepat tersebut diraih pebalap Jerman dalam masa injury time. Kini dirinya berpeluang untuk menambah 25 angka penuh pada balapan besok. Asalkan, tidak melakukan start yang buruk dan tidak mendapat tim order dari tim untuk memuluskan peluang rekan setimnya, Mark Webber.

Apalagi Webber start berada di sebelahnya setelah mencatat waktu terbaik 1:35,659 detik. Pemimpin klasemen sementara ini, di Yeongman tampil menggunakan mesin baru. Kemudian, beberapa kali ia melakukan start yang baik.

Seandainya keduanya melakukan start yang kurang sempurna, bukan tidak mungkin Fernando Alonso yang berada di urutan ketiga melesat ke depan. Hanya, di seri ke-17 ini pebalap Spanyol tersebut tak mungkin akan tampil habis-habis. Masalahnya, mobilnya menggunakan mesin lama dan sudah tidak punya yang baru karena sudah habis terpakai semua.

Kualifikasi 1 (Q1) Disaksikan sekitar 60.000-an penonton dan kondisi cuaca trek 28 derajat celcius, jelas lumayan dingin buat pebalap. Yang dikahwatirkan para pebalap, terutama untuk papan atas, adanya traffic akan mengganggu jalannya sesi kualifikasi.

Catatan waktu tercepat pertama diukir Heikki Kovalainen dengan 1:45,450 pada menit ketiga. Saat itu, Fernando Alonso masuk lintasan menggunakan ban komponje keras. Alguersuari (Toro Rosso) dapat mempertajamnya menjadi 1:41,270, tapi hanya bertahan sekian detik karena dipatahkan Michael Schumacher (Mercedes) jadi 1:40,557 detik.

Masuk menit kedelapan, duo Red Bull (Vettel dan Webber) masuk lintasan dan saat bersamaan Nico Hulkenberg (Williams) mengukir waktu tercepat 1:38,561 detik. Sementara Alonso berada di urutan ke-10.

Hamilton dengan ban kompon keras menjadi tercepat dengan 1:37,395 detik, Massa membayang di belakangnya. Vettel pun pakai ban kompon keras pada menit ke-13 dan mencapai hasil terbaik dengan 1:37,123 tapi belum mampu menggeser Hamilton paling depan dengan 1:37,113 detik.

Q2 Sesi ini Kubica dan Alonso pakai ban kompon keras, sedang Massa dan Hulkenberg kompon lunak. Vettel membuka sebagai tercepat dengan 1:37,224, tapi satu menit kemudian dipertajam Alonso 0,118 detik dan Vettel kembali merebutnya setelah mengukir 1:36,895 detik.

Red Bull RB6 mulai unjuk kekuatan dengan Vettel terdepan dan diikuti rekan setimnya Webber, ddikuti Alonso, Massa, Hamilton dan Rosberg. Kubica yang terus mengandalkan ban kompon keras, pada menit-menit terakhir beralih ke kompon lunak yang diikuti oleh Alonso.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com