Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Ringan Hemat BBM ala BMW (Bagian 2, Habis)

Kompas.com - 08/10/2010, 16:59 WIB

BENOA, KOMPAS.com – Selain kesiapan mobil, gaya mengemudi juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. "Gaya mengemudi memengaruhi konsumsi bahan bakar hingga 20 persen," ujar Bettina Schmidt, instruktur mengemudi BMW dari Jerman.

Asyiknya, teknologi yang dimiliki oleh mobil modern bisa membantu kita mengemudi dengan cara yang efisien. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang diberikan Bettina.

- Nyalakan mesin dan langsunglah bergerak. Tak perlu terlalu lama memanaskan, karena teknologi modern membuat mesin dapat langsung bekerja saat kondisi dingin.

- Jadilah pengemudi yang “melihat jauh ke depan” . Artinya, perhatikan kondisi lalu lintas yang akan anda lalui. Contohnya, jika di depan tampak lampu lalu lintas telah berubah menjadi kuning, segeralah kurangi kecepatan. Begitu juga jika tampak terjadi antrian. Jika sempat, dengarkan informasi lalu lintas sebelum bepergian.

- Perhatikan gaya mengemudi melalui layar informasi di mobil. Beberapa model mobil terbaru, telah dilengkapi indikator perpindahan gigi dan konsumsi bahan bakar real-time. Indikator ini akan menuntun Anda untuk memindahkan gigi di saat paling tepat, serta mempertahankan putaran mesin pada aliran bahan bakar paling efisien.

- Angkat kaki dari pedal gas seawal mungkin ketika hendak berhenti. Hal ini akan langsung mengurangi pasokan bahan bakar ke mesin.

- Saat menunggu di lampu lalu lintas, perlintasan kereta api atau di tengah kemacetan, matikan mesin. Hal ini merupakan prinsip dasar teknologi start/stop otomatis yang menghemat bahan bakar.

Akselerasi Ekonomis Tips terakhir dari Bettina adalah cara melakukan akselerasi menengah yang ekonomis. "Prinsipnya adalah menahan posisi gigi setinggi mungkin. Kemudian, tahan pedal gas 2/3 penuh saat berakselerasi, hingga kecepatan yang diinginkan tercapai. Jangan menurunkan gigi transmisi," jelasnya.

Contohnya, pada BMW 320i bertransmisi manual, akselerasi dari kecepatan 50 km/jam hingga 100 km/jam dengan menggunakan gigi 5, dapat menghemat 10 persen bahan bakar dibandingkan menggunakan gigi 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com