Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner Juara, Rossi Libas Lorenzo di Motegi

Kompas.com - 03/10/2010, 13:46 WIB

MOTEGI, KOMPAS.com — Pebalap Casey Stoner berhasil memenangi MotoGP Jepang yang menjadi seri ke-14 di sirkuit Motegi, Minggu (3/10/2010). Andalan tim Ducati asal Australia ini menguasai balapan yang menyelesaikan 24 lap sejak lap pertama.

Sukses ini adalah harapan dan ambisi Stoner agar kemenangan di sirkuit Aragon, Spanyol, terus berlanjut di Motegi. Ternyata, harapan juara dunia 2007 itu dapat terpenuhi. Meski mendapat tambahan 25 angka, kemenangan ini tetap tidak mendongkrak posisi peringkatnya di urutan ketiga dengan 180 angka.

Di hadapan puluhan ribu penonton pendukung Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, Stoner menunjukkan keperkasaan Ducati Desmocedisi GP 10. Begitu masuk tikungan kedua, ia langsung dapat menggeser Andrea Dovizioso dan tak terkejar hingga finis.

Sementara itu, Dovizioso harus puas finis pada posisi kedua. Pebalap Italia ini tak dapat mengembangkan tugas rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang gagal tampil akibat mengalami kecelakaan saat latihan resmi. Meski dapat memperpendek jarak, ia kembali ditinggal Stoner.

Adapun penampilan Valentino Rossi di luar dugaan. Start dari urutan kedua, dia sempat disalip rekan setimnya, Lorenzo. Namun, masuk lap ke-5, dia dapat menggeser pemimpin klasemen sementara itu. Bahkan, salip-menyalip terjadi selama tiga lap terakhir dan keduanya hampir bersenggolan.

Tampaknya, "The Doctor" ingin menunjukkan kepada pendukungnya kalau dia sudah bisa fight meski belum 100 persen.

Pada lap terakhir, Lorenzo coba menyalip Rossi, tetapi dapat dibalas lagi di tikungan berikutnya. Akhirnya, adegan yang mendebarkan dan berbahaya itu dimenangi oleh Rossi.

Juara dunia

Bagi Lorenzo, finis pada posisi keempat dengan mendapat tambahan 13 angka semakin memperkokoh kedudukannya di puncak klasemen dengan total 297 angka. Bahkan, pebalap asal Spanyol ini sudah bisa dipastikan menyandang gelar juara dunia.

Ini terjadi lantaran rival utamanya, Dani Pedrosa, yang mengantongi 228 angka, tertinggal 69 angka. Katakanlah, kalau pebalap Honda itu akan tampil lagi di seri berikutnya di Malaysia, tentu ia tidak tampil dalam kondisi fit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com