Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari California Mengirit BBM dengan HELE

Kompas.com - 03/10/2010, 10:13 WIB

PARIS, KOMPAS.com – Di Indonesia, bisa saja kita berpendapat, pemilik mobil mewah dan supercar seperti Ferrari pasti tidak memikirkan masalah konsumsi bahan bakar.  “Beli mobil mampu, masak beli bensin tidak,” begitulah komentar yang sering kita dengar.

Kendati demikian, ternyata produsen Ferrari tetap menonjollkan teknologi baru untuk menyatakan, model terbarunya California, lebih irit konumsi bahan bakar. Kuda Jingkrak menggunakan teknologi yang disebut High Emotion Low Emissions (HELE), aslinya sama dengan  sistem “stop/start”. Mobil tersebut pun dipamerkan di Paris Motor Show 2010 yang berlangsung saat ini.

Sebenarnya, teknologi tersebut bukan mengarah langsung untuk mengirit konsumsi bahan bakar. Target utama, menurunkan emisi CO2. Namun untuk menurunkan CO2, konsumsi bahan bakar harus lebih irit. Jadilah, HELE fitur atau tambahan teknologi mengirit bahan bakar.

Dengan teknologi, sistem stop/start Ferrari butuh 230 milidetik untuk menghidupkan mesin. Karena itulah, tidak mengubah pola mengemudikan mobil ini. Fitur stop/start ini dirancang khusus untuk memudahkan pengemudi menyalakan mesin tidak hanya dengan mengangkat kaki dari pedal rem,  juga dengan menginjak pedal gas (ideal untuk mereka yang menginjak rem dengan kaki kiri) atau dengan menaikkan gigi transmisi melalui paddle-shift.

HELE bekerja bagaikan sebuah otak elektronik yang melakukan berbagai perintah pekerjaan pada komponen yang ada di mobil. Kompresor penyejuk kabin (AC), pompa bahan bakar, kipas mesin, dan perpindahan transmisi diperhitungkan tingkat efisiensinya sesuai dengan gaya berkendara pengemudi.

Hasilnya, emisi CO2 California berkurang dari 299g/km menjdai 270 g/km atau 23 persen. Bahkan sistem ini dapat memberikan tambahan torsi 25Nm jika diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com