Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Terjauh 416 Km Uji Ketahanan Mesin dan Rem

Kompas.com - 02/10/2010, 20:08 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Turing New Honda Mega Pro membelah Pulau Jawa memasuki etape yang dimulai dari Hotel Bahari Inn, Tegal, Sabtu (2/10/2010) yang dilepas pukul 08.11 WIB. Rute menuju Madiun, Jawa Timur menjadi yang terberat karena menempuh jarak 416 km dan tercatat sebagai yang terpanjang dari total 1.277 km "New Brotheroad Mega Pro Perjalanan Street Fighter Sejati".

Melintasi Petarukan, Jawa Tengah, karakteristik jalan standar berupa jalur lurus dengan permukaan jalan tak rata. Sesekali memang ada lubang, tapi tak membuat rombongan terhenti. Pemandangan sawah nan hijau kekuningan seakan menjadi penyemangat. Ditambah terik matahari mulai menyengat kala masuk Pemalang pada pukul 09.39 hingga Pekalongan dan sampai Batang.

Kala memasuki Alas Roban, pendekar New Mega Pro diperkenankan membetot grip gas. "Tarikannya cukup responsif, mulai dari gigi satu sampai lima, semuanya penuh tenaga. Saya sempat menyentuh angka 125 km per jam," ujar Umar dari Honda Mega Pro Club (HMPC) Semarang, hari ini.

Rombongan kemudian tiba di Semarang pukul 11.01 WIB, langsung disambut oleh kemacetan di Jalan Siliwangi. Berkat bantuan vorejder, rombongan pun sampai di pemberhemtiam pertama DP Mall untuk istirahat dan makan siang selama kurang lebih 60 menitan.

Setelah perut terisi penuh, turing dilanjutkan ke Yogyakarta dengan jarak tempuh 114 km. Kondisi jalur kali juga standar, tak ada tikungan, tanjakan, atau jalan rusak yang parah. Riders pun terlihat menikmati perjalanan. Meski relatif aman, sesekali pengendara harus siap mengerem kala mendadak kendaraan di depan berhenti.

Nah, untungnya Honda membekali New Mega Pro dengan fitur pengereman cakram ganda. Kemampuan pengereman menjadi vital dalam sebuah kendaraan bermotor terkait dengan keamanan.

"Rem cakram belakang yang ada sangat membantu performa pengereman. Saya tadi lari 80-90 km per jam dan bisa mengerem sempurna hanya dalam jarak 8 meter dari posisi kendaraan di depan, jarak aman" ujar Edo Rusianto, Blogger dari Jakarta.

Rombongan sampai di Yogyakarta pukul 15:30 WIB. Setelah mendapat istirahat sejenak dan dilakukan penggantian 10 riders baru anggota HMPC Chapter Kota Pelajar.

Baru jalan 15 menit dari lokasi kumpul di McDonald, Jalan Jenderal Sudirman hujan kembali turun. Setelah mengenakan jas hujan, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Madiun melalui beberapa daerah antara lain Prambanan, Klaten, Kertosuro, Solo, Sragen, Mentingan Ngawi dan Masopati.

Diprediksi, riders akan tiba di Madiun pukul 20:16 WIB dan beristirahat di Hotel Merdeka, Jalan Pahlawan 42, Madiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com