Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Bangun Pabrik Mesin Kedua di China

Kompas.com - 27/09/2010, 13:30 WIB

CHONGQING, KOMPAS.com — Ford Motor Company atau FMC akan membangun pabrik mesin kedua di China dengan investasi segar 500 juta dollar AS atau Rp 4,47 triliun. Dalam proyek ini, FMC mengajak perusahaan gabungan Changan Ford Mazda Automobile atau CFMA sebagai pemasok dana dan bekerja sama dengan pemerintah lokal Chongqing yang memfasilitasi lokasi pabrik di Zona Utara Chongqing dengan target operasi tahun 2013.

"Pabrik mesin baru ini akan membantu ambisi kami dalam berekspansi di sini, di pasar otomotif terbesar di dunia," aku Joe Hinrichs, Presiden Ford Asia Pasifik dan Afrika.

Ford sudah memiliki pabrik mesin pertama di China dengan kapasitas 350.000 unit per tahun. Nah, pabrik kedua akan menyumbangkan tambahan produksi 400.000 unit per tahun sehingga total kapasitas meningkat lebih dari dua kali lipat dari sebelumnya.

"Kami terus bekerja keras untuk meningkatkan penjualan dan produksi di sini. Kami juga menawarkan berbagai jenis mobil baru dari portofolio di China dan di seluruh regional Asia. Potensi pertumbuhan di sini luar biasa dalam 10 tahun ke depan," beber Joe.

Hasil produksi mesin akan dipasok ke dua fasilitas perakitan CFMA di Chongqing dan Nanjing serta pabrik ketiga yang akan dibangun mulai September 2009 dan mulai beroperasi pada 2012. Selain CFMA, Ford juga punya perusahaan gabungan lain yang menggandeng Jiangling Motors Corporation dan kabarnya tengah membangun pabrik baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com