Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September: Penjualan Terendah Selama 2010

Kompas.com - 24/09/2010, 18:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan mobil di Indonesia diprediksi sentuh titik terendah pada September ini selama 2010. Penyebabnya, banyak hari libur. Hal ini disampaikan Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Dijelaskan, pada bulan kesembilan, wholesales hanya berkisar  47.000 unit atau lebih tinggi dibandingkan September 2009 (Lebaran pada 20-21September), 37.208 unit. Sebenarnya jumlah hari kerja September tahun lalu lebih panjang.

"Memang, pasar mobil tahun ini secara umum lebih baik. Selain perekonomian tumbuh 6 persen, ada juga faktor suku bunga yang kondusif dan pembelian mobil didominasi oleh kredit, mencapai 70-80 persen," ambah Amelia.

Selain itu, jelasnya, penguatan nilai tukar rupiah membuat harga mobil cenderung tetap. Justru, kondisi ini membuat hampir semua ATPM berlomba-lomba menggelontorkan kampanye pemasaran guna menggenjot penjualan, baik dengan diskon, cash back, maupun berbagai macam skema lain.

"Semua stimulus ini membuat pasar mobil nasional tahun ini menembus angka psikologis 700.000 unit," tambah Amelia.

Sebelumnya, Wakil Ketua III Gaikindo Johnny Darmawan sudah memprediksi bahwa penurunan penjualan akan terjadi pada September dan merupakan siklus tahunan di Indonesia. Setiap Lebaran, praktis penjualan efektif hanya dua pekan.

"Pasar akan mulai normal di Oktober menuju 60.000-65.000 unit lagi seperti sebelumnya," ungkap Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com