Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia BlueOn, Mobil Listrik Hyundai

Kompas.com - 09/09/2010, 11:12 WIB

SEOUL, KOMPAS.COM -Raksasa pabrik mobil Korea Selatan Hyundai Motor Co. (HMC) meluncurkan mobil listrik pertamanya BLueOn, Kamis (9/9/2010). Rencananya, kendaraan ramah lingkungan ini akan diproduksi massal pada 2012.

BlueON menggunakan basis i10 dengan tenaga penggerak pakai baterai yang diporoduksi oleh SK Energy dengan kapasitas 16,4 kilowatt perjam. Kendaraan hatchback ini dapat berjalan 140 km dengan sekali pengisian dengan kecepatan maksumum 130 km per jam.

Menurut HMC seperti dikutip reuters, untuk sementara ini BlueOn akan diproduksi buat instansi pemerintah, sedang buat konsumen dijatahkan 2.500 unit pada 2012. "Terlalu dini untuk mengatakan di mana dan kapan BlueOn diperkenalkan.

Diakui oleh Hyundai kalau mereka telah membuat langkah prematur terhadap BlueOn. "Karena, infrastruktur seperti stasiun pengisian baterai di Korea dan beberapa negara lain belum ada," jelas seorang dari HMC.

Tapi ada sedikit informasi bahwa untuk menciptakan sampai memproduksi BlueON, HMC sudah menanam investasi 34 juta dollar Amerika atau Rp312,8 miliar. Tampaknya, proyek BlueOn bakal meraih sukses, pasalnya pemerintah negeri Ginseng punya program ingin menukar kendaraan penumpang 20 persen dengan berteknologi listrik.

Untuk mengingat saja, Mitsubihi tercatat produsen mobil pertama yang memperkenalkan kendaraan listriknya di Jepang Agustus lalu. Diikuti Nissan pada Desember mendatang, hanya bukan di negeri asalnya Jepang, melainkan di Amerika. Dan Ford juga akan mempunya kendaraan listrik pada 2011

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com