Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford F-150 SVT Raptor: Lebih Besar dan Sangar

Kompas.com - 05/09/2010, 12:40 WIB

DEARBORN, KOMPAS.com — Ford Motor Company memperkenalkan model F-150 SVT Raptor facelift. Pikap dobel kabin ini lebih bertenaga dan berkapasitas penumpang ekstra.

Raptor 2011 kini menggunakan mesin V6 6,2 liter sebagai standar yang menghasilkan tenaga 411 hp dan torsi puncak 586 Nm. Ini lebih besar 91 hp dibandingkan mesin V8 5,4 liter yang digunakan pada Raptor 2010. Mesin V8-nya kini mendapatkan blok baja dengan kepala aluminium yang merupakan hasil penyempurnaan dari mesin yang digunakan pada pikap Ford Super Duty.

Perbedaan lainnya, tersedia pilihan bentuk kabin SuperCrew setelah dimelarkannya sumbu roda sehingga menjadikan panjang keseluruhan bertambah 305 mm. Akibat penggunaan peredam kejut triple-bypass lansiran Fox Racing, lebar juga bertambah 178 mm dibandingkan F-150 standar. Ban berukuran 35 inci produksi BFGoodrich All-Terrain TA/KO 315/70-17 membuat sosok Raptor lebih sangar.

Untuk menunjukkan kedahsyatan di balik kulitnya, Ford juga memberikan sentuhan grafis yang lebih macho pada SVT Raptor. Pilihan warna baru, Ingot Silver Metallic, masih ditambah dengan aksen grafis ala cipratan lumpur untuk memperkuat kesan petualang sejati.

Di dalam kabin, terdapat layar LCD berukuran 4,2 inci pada panel instrumen. Monitor yang mengadopsi milik Super Duty ini akan menunjukkan berbagai informasi, mulai dari kemampuan off-road dan pendereknya (towing) hingga sudut putaran lingkar kemudi dan mode pengendaraan. Semua menu bisa diakses melalui sebuah tombol lima-penjuru di lingkar kemudi.

Soal daya tahan SVT Raptor juga tak perlu dipertanyakan lagi. Tim pengembangan mesin Ford telah melakukan uji ketahanan pada mobil ini, termasuk melakukan perjalanan sejauh 100 km yang berulang-ulang dalam kondisi cuaca panas di gurun pasir. Hal ini dilakukan untuk menyimulasikan kondisi rally Baja 1000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com