Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infiniti M 2011 Etalase Teknologi NHTSA

Kompas.com - 04/09/2010, 16:04 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Merek mewah lansiran Nissan, Infiniti, menjadi yang pertama menawarkan penggunaan tiga teknologi penghindar tabrakan sebagai kelengkapan standar, sesuai dengan rekomendasi Administrator Keamanan Jalan Raya dan Lalu Lintas Nasional (National Highway Traffic Safety Administration=NHTSA) Amerika Serikat. Model yang akan menggunakannya adalah Infiniti M 2011.

Teknologi yang diaplikasikan adalah Peringatan Tabrakan Depan (Forward Collision Warning - FCW), Peringatan Perpindahan Lajur (Lane Departure Warning - LDW) dan Pengendali Stabilitas Elektronik (Electronic Stability Control - ESC). Ketiga teknologi ini harus diuji sesuai dengan prosedur milik NHTSA agar bisa disahkan sebelum diaplikasikan.

"Infiniti M terbaru akan menjadi etalase teknologi terkini, mulai mesin yang lebih bertenaga dan efisien hingga berbagai fitur keselamatan yang istimewa," ujar Ben Poore, Wakil Presiden Unit Bisnis Infiniti.

Bersama-sama dengan ketiga peranti yang disyaratkan oleh NHTSA, mobil ini juga memiliki peranti Peringatan Blind Spot (Blind Spot Warning) dan sistem Intervensi Blind Spot (Blind Spot Intervention). Masih ada lagi teknologi Intelligent Brake Assist (IBA) yang berpadu dengan FCW, menggunakan sensor laser inframerah dari Intelligent Cruise Control (ICC), secara terus menerus memonitor dan menganalisis perbedaan kecepatan dengan mobil di depannya.

Kendali Dinamis Mobil (Vehicle Dynamic Control - VDC), yang merupakan versi ESC milik Infiniti, akan memperhitungkan kondisi mobil saat menikung terhadap input lingkar kemudi yang diberi sang pengendara. Sistem secara otomatis akan mengatur keluaran tenaga mesin dan melakukan tekanan pengereman yang dibutuhkan ke masing-masing sudut roda untuk mengatasi gejala oversteer atau understeer.

"Jika teknologi menjadi sebuah ukuran kemewahan, maka mobil ini akan menjadi mobil paling mewah di jalan raya," tambah Ben.

Mobil yang akan hadir musim gugur 2010 di AS ini menawarkan dua model, yaitu M56 dengan mesin V8 5,6 liter bertenaga 420 hp dan M37 dengan mesin V6 3,7 liter bertenaga 330 hp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com