Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Pertama dengan "Best Executive Saloon" BMW 535i

Kompas.com - 30/08/2010, 15:32 WIB

KOMPAS.comBMW Seri 5 terbaru ini merupakan Generasi ke-6 yang telah dipasarkan BMW ke seluruh dunia. Penampilannya berbeda dengan pendahulunya. Model terbaru ini, sosoknya lebih besar dan gaya. Sosok eksektutif seri 5 terbaru ini lebih kental.  

Di Indonesia, Seri 5 terbaru dipasarkan dalam tiga varian yang dibedakan berdasarkan mesin, yaitu 535i, 528i dan 523i Executive. Nah, versi terakhir inilah, dikencani KOMPAS.com selama 2 hari.

Kesan pertama interior, mirip dengan kakaknya, Seri-7. Ya, kesan lebih mewah dan eksklusif. Kencan tak kalah menarik, mengajaknya ngebut sampai 240 km/jam.

Dari ketiga varian, 535i inilah yang termahal, dibandrol Rp1.188.000.000 (off-road di Jakarta). BMW menyebut versi ini sebagai sedan eksekutif bergaya sport. Pasalnya, dilengkapi dengan transmisi otomatis 8 percepatan steptronic yang memungkinkan pengemudi memindahkan gigi secara manual melalui paddle shift di kanan dan kiri setir.

Fitur Teknologi Canggih Data yang diberikan oleh BMW, model ini dilengkapi banyak fitur teknologi terkini. Namun yang pasti, saat masuk ke interior, tidak perlu mencolok kunci atau menekan remote. Ketika remote ditaruh di kantong, ganggang pintu langsung bisa dibuka. Cukup menarik, pada malam hari di belakang gagang keempat pintu, lampu LED kecil menyala, memudahkan pengemudi dan penumpang memastikan posisi gagang.

Untuk menghidupkan mesin, juga tidak perlu kunci. Cukup menekan  tombol bulat START/STOP.  Di dashboard, kiri setir. Agar mesin bisa hidup, pedal rem harus ditekan dulu, dan transmisi berada pada posisi "P". Begitu mesin hidup, setir bergerak otomatis ke posisi yang telah ditentukan pada setelan sebelumnya.

Kendati sosoknya, namun bisa bergerak lincah. Jarak sumbu rodanya, (2.968 mm) merupakan terpanjang di kelasnya. Malah, 58 mm lebih panjang dari model sebelumnya. Semua memberi kenyamanan lebih baik, terutama bagi penumpang belakang. 

Sesuai dengan perkembangan – bagi pemilik yang mengemudikan sendiri - berbagai fitur memudahkan sudah disediakan. Antara lain, rem parkir elektrik. Semua dilakukan dengan menekan tombol. Tak perlu lagi khawatir lagi berhenti di tanjakan yang mengakibatkan mobil mundur. Rem parkir juga dioperasikan dengan menekan tombol pada tongkat pemindah gigi.

Di tengah dashboard dilengkapi layar monitor yang bisa digunakan untuk mencari berbagai informasi. Mulai dari menayangkan suasana di belakang mobil ketika transmisi pada posisi mundur, radio, manual (petunjuk buat pemakai) dan berbagai informasi lainnya.

Suasana interior mewah dengan kulit berkualitas tinggi dan jahitan yang mantap. Ruang jok penumpang belakang sangat lega. Dilengkapi dengan tatakan tangan tengah berukuranbesar dan  bisa dilipat.

Akselerasi Sangat bertenaga ketika gas digenjot dari  awal. Tidak ada gejala spin karena sudah dilengkapi traction control. Ketika diajak sprint dengan muatan 3 orang dewasa, bensin di tangki penuh, butuh waktu 6,2 detik (klaim BMW 6,1 detik).

Selanjutnya, untuk akselerasi 0- 400 meter, mobil ini membutuhkan waktu 15,7 detik. Sedangkan, 60 – 100 km/jam, 3,7 detik, 80 – 120 km/jam, 4,7 detik. Dengan distributsi bobot 50:50 di depan dan belakang, membuat mobil ini mudah diajak bermanuver. Stabilitasnya mantap ketika diajak meningkung pada kecepatan tinggi. Maklum dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi masa kini (lihat tabel).

Suspensi: Normal  & Sport Cukup menarik, penampilan interior, terutama kabin, sama dengan Seri-7. Memberi kesan mewah.

Suspensi dengan 2 mode, normal dan sport. Sport, keras namun membuat stabil. Cukup menarik saat dites di jalan tol antara Puri dan Kamal yang bergelombang, mantap!

Perpindahan gigi mulus. Sistem strepronic sangat menyenangkan. Gigi bisa dipindahkan kapan saja, baik untuk berakselerasi dengan cepat maupun mengirit konsumsi bahan bakar.  

Dengan Jarak rasio transmisi yang lebih dekat, memberikan kenyamanan. Perpindahan gigi berlantgsung dengan mulus dan cepat. 535i dilengkapi pula adaptive headlights dan comfort access.

Untuk entertainment, BMW memasang sistem audio LOGIC7 dengan 16 speaker, power amplifier 600 W dan Dolby Pro Logic. Juga ada koneksi USB Audio dan bluetooth pada model ini. 

Sistem stabilitas standar: DSC, ABS, DTC Dynamic Traction Control, CBC Cornering Brake Control, DBC Dynamic Brake Control, Dry Braking Function, Fading Compensation, Start-Off Assistan.

Spesifikasi BMW 535i
Dimensi (mm)
 
Panjang x lebar x tinggi
4.899 x 1.860 x 1.464
Jarak sumbu roda
2.964
Jarak terendah
141
Radius putar
11,95 meter
Kapasitas tangki
70 liter
Oli mesin
6,5 liter
Berat kosong
1.685/1.760 kg
Mesin
 
Jumlah silinder
6-silinder
Teknologi
Twin Turbo, Injeksi langsung, fully-variable valve control (valvetronic)
Kapasitas
2.979 cc
Perbandingan kompresi
10,2 : 1
RON bensin (min)
91
Tenaga maks
225kW (306PS) @5.800 rpm
Torsi maks.
400Nm @1.200-5.000 rpm
Setir
Electric Power Steering (EPS) dengan Servo
Ban dan roda
(depan & belakang)
225/55R17
Konsumsi bahan bakar
8,4 liter/100 km (11,9 km/liter) kombinasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com