Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Amit Mundur dari Balap Superbike

Kompas.com - 30/08/2010, 14:10 WIB

ITALIA, KOMPAS.COM - Arena kejuaraan dunia superbike (WSBK) berduka sehubungan dengan pengumuman cukup mengagetkan dari Ducati. Pabrikan motor asal Italia itu menyatakan amit mundur tahun depan (2011). Padahal, Ducati tim pabrikan yang paling sukses meraih prestasi sejak paritipasi 1988.

Dalam 22 tahun berkiprah, Ducati mengukir juara dunia pabrikan 16 kali dan menghantar 13 pebalap menggondol mahkota juara dunia.

Ada rumor berkembang, mundurnya mereka berkaitan dengan masuknya Valentino Rossi ke Ducati yang menguras uang tidak sedikit. Selain itu, tim ingin konsentrasi dan mengukir prestasi hebat yang belum pernah diraih seperti di superbike.

Dampak kemunduran Ducati ternyata juga berefek pada tim perorangan yang memakai Ducati. Karena, pabrikan itu juga akan membatasi penyuplaian mesin dan mendukung tim perorangan.

President dan CEO Ducati Gabriel Del Torchio menegaskan kalau mereka pensiun dari WSBK lantaran ingin fokus pada teknis dan pengembangan produk. "Keputusan ini merupakan bagian dari strategi khusus Ducati. Tujuan utamanya, lebih meningkatkan kandungan teknologi pada model produksi mendatang," ungkap Gabriele.

Saya ingin berterima kasih, lanjut Gabriele kepada Noriaki Haga dan Michel serta semua pebalap yang telah memberi kontribusi besar pada Ducati di superbike. Juga kepada kru tim dan karyawan yang telah bekerja secara profesional, Flammini yang begitu lama menyelenggarakan balapan, FIM dan para sponsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com