Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edan! Banyak Pengendara Motor Tanpa SIM

Kompas.com - 05/08/2010, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Besarnya jumlah sepeda motor di ibu kota Jakarta ternyata timpang dengan keluarnya surat izin mengemudi. Pihak Polda Metro Jaya mengatakan, dari total pembelian motor baru, sepertiganya yang mengajukan SIM ke kepolisian. Komisaris Besar Kepolisian Chondro Kirono, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengutarakan hal ini di Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini.

"Ya, hitung saja, misalnya pembelian motor baru 2.000 unit. Cuma sepertiga yang bikin SIM," ujar Chondro di Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini.

Dia menambahkan, terjadinya kecelakaan yang melibatkan sepeda motor terjadi karena minimnya pengetahuan tentang safety riding (keamanan berkendara). Selain itu, kontrol yang kurang baik dalam berkendara juga menjadi faktor krusial.

"Faktor manusia yang tak menguasai alat dan juga tak disiplin, ini faktor utama terjadinya kecelakaan," ungkap Chondro.

Untuk itu, Chondro berharap, pihak ATPM sepeda motor tak henti-hentinya menggalakkan kampanye keamanan berkendara ke konsumennya. Dia berharap, dengan langkah ini, pengendara bisa lebih menguasai laju kendaraan dan ujungnya menekan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com