Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kembali Raih CSI 2010 dari JD Power

Kompas.com - 31/07/2010, 08:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Toyota, tahun ini kembali meraih nilai tertinggi indeks kepuasan pelangan atau “Customer Satisfaction Index” (CSI) untuk  Layanan Purna Jual di Indonesia berdasarkan hasil survei   yang dilakukan oleh  JD Power Asia Pacific.  Hasil tersebut diumumkan minggu lalu oleh JD Power di Singapura.

Terakhir Toyota memperoleh nilai tertinggi pada 2008. Tahun lalu, posisinya digeser oleh Honda.  Tahun ini, Toyota kembali memperolehnya dengan nilai lebih tinggi lagi dibanding tahun lalu (lihat tabel). 

Pengukuran indeks kepuasan dilakukan terhadap pemilik mobil  yang datang ke bengkel resmi untuk perawatan rutin atau memperbaiki kerusakan. Ditambahkan oleh JD Power, tahun ini merupakan untuk yang ke-10nya mereka mengukur kepuasan layanan terhadap pemilik kendaraan yang datang    ke bengkel resmi. Responden mereka adalah pemilik yang memiliki mobil selama  12 – 24 bulan pertama.

Aspek yang diukur adalah kualitas servis, cara mengambil   kendaraan (vehicle pick up), inisiasi servis, fasilitas servis dan advisor (service advisor). Pada tahun ini  nilai rata-rata  kepuasan pelanggan 750, lebih tinggi dibandingkan tahun lalu 745.

Toyota tertinggi dari 9 merek, dengan nilai total 758. Lebih lanjut dijelaskan oleh JD Power, Toyota unggul dalam inisiasi servis, fasilitas, mengambil kendaraan dan kualitas servis. Lantas diikuti oleh Hyundai 752 dan Nissan 750.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com