Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeran Kendaraan Komersil dan Komponen di JiEXpo

Kompas.com - 24/03/2010, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan komersil dan komponen otomotif terbesar di Indonesia bertajuk "The Indonesia International Bus, Truck, and Components Exhibition (IIBT) 2010" dibuka hari ini, Rabu (24/3/2010) di JiEXpo, Jakarta Pusat. Acara yang digelar oleh PT Global Expo Management Indonesia (GEMI) itu resmi berlangsung sampai 27 Maret mendatang.

Baki Lee, selaku Event Consultan GEMI mengatakan, dari seluruh peserta pameran yang diikuti 21 negara, 80 persen didominasi oleh perusahaan otomotif. Secara total terdapat 400 perusahaan yang berpartisipasi. Selain produsen lokal, negara lain yang turut serta dalam pameran antara lain, China, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Dari pengamatan kompas.com di lapangan, para peserta pameran terdiri dari beberapa jenis industri dan pendukung otomotif, antara lain bus, truk, kendaraan khusus , komponen, aksesoris, mesin fuel cell, mesin hidrogen, perlatan kelistrikan, dan lain-lain.


"Tahun ini kami targetkan total transaksi bisa mencapai sekitar Rp350 miliar, naik jauh dari tahun lalu yang hanya Rp85 miliar. Karena tahun lalu hanya sedikit kalau sekarang ramai," ujar Baki Lee usai peresmian pameran IIBT, Inapa, dan Inatronics di Kemayoran.

Ekshibisi kali ini, utamanya ditujukan buat pebisnis otomotif di Indonesia bukan konsumen umum. "Kami berharap dengan pameran ini bisa menembus pasar ASEAN atau lebih luas lagi. Kemampuan industri karoseri nasional perlu promosi yang kuat, salah satunya pameran berskala internasional seperti IIBT ini," papar David Herman Jaya, Ketua Umum Askrindo.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Alat Transportasi dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi menambahkan, pameran menjadi jalan baru bagi produsen komponen lokal untuk meperluas pasar. "Untuk memiliki produk otomotif yang kuat, kita perlu memiliki industri komponen yang lebih kuat. Itu kuncinya," jelas Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com