Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Punya 6 Amunisi Baru

Kompas.com - 23/02/2010, 08:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Yamaha bertekad mengambil alih pimpinan pasar motor nasional 2010 dan indikasinya sudah diperlihatkan pada Januari lalu. Memang, tak ada pernyataan resmi dari PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Namun, ambisi itu tersirat dari amunisi yang dipersiapkan untuk dipasarkan hingga akhir tahun. "Kami masih punya enam produk baru. Adalah modelnya dan kapan peluncurannya yang kami tak bisa utarakan," papar Dyon di Hotel Indonesia Kempinski, Senin (22/2/2010).

Di antara keenam produk tersebut, dari pengamatan Kompas.com, tiga di antaranya Mio Z 125 cc, Byson, dan Lexam. Terkait hal ini, Presiden Komisaris Yamaha Indonesia Group Yoshiteru Takahashi menjelaskan, rencananya produk sport andalan di kelas 150 cc, Byson, akan diluncurkan sekitar Mei atau Juni mendatang. "Sementara itu, Lexam akan dilepas ke pasar pada Oktober," ujar Takahashi.

Ketika diinformasikan bahwa rival mereka, Honda (berdasarkan informasi yang Kompas.com dapati), akan lebih dulu memperkenalkan varian baru bebek otomatis Juni 2010, Takahashi mengaku tak gentar. "Kami tak takut meski Honda meluncurkan duluan. Yang penting, kualitas produk yang ditawarkan," tukas Takahashi.

Honda pada pekan lalu baru melepas resmi produk bebek matik (betik) bernama Wave di Thailand. Betik ini dibekali teknologi injeksi. Sementara itu, Yamaha terlebih dulu melepas Lexam di Vietnam pada kuartal terakhir tahun lalu.

Lebih lanjut, Takahashi mengungkapkan bahwa tahun ini pasar akan didominasi empat jenis model. Pertama, segmen bebek low yang diisi oleh berbagai produk seperti Vega ZR, Blade, dan Revo. Kedua, segmen skutik yang hingga kini masih didominasi oleh Mio dan merek lain, yaitu Honda BeAT, Vario, dan Suzuki Skywave. Ketiga, segmen sport dengan mesin 150 cc, seperti Vixion dan Mega Pro. Terakhir, akan ada segmen baru, yakni bebek matik, yang akan diluncurkan pada tahun ini," ucap Takahashi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com