Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepincut Beli Bebek 110 Cc? Nih, Perbandingan Fiturnya

Kompas.com - 11/12/2009, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Punya niat mau beli motor bebek? Sekarang ini, empat ATPM sama-sama mengeluarkan segmen 100 cc premium yang bakal mengambil ceruk besar pasar underbone. Ada Honda Blade, Yamaha New Jupiter Z, Suzuki New Smash, dan Kawasaki Edge yang harganya antara Rp 12,5 juta dan Rp 14 juta.

Tak usah bingung mau pilih yang mana. Di bawah ini, fitur-fitur yang ditawarkan dan perbandingannya dibeberkan.

Lampu
Pada New Jupiter Z, terdapat dua lampu utama yang masih di setang, tetapi terpisah. Sementara itu, lokasi lampu sein dan senja ada pada tameng. Lampu belakang tampak lebih besar dengan jumlah cukup banyak. Bila ditotal dengan lampu depan, maka ada 10 lampu sehingga pencahayaan cukup tinggi.

Beda sama Blade. Penempatan lampu utama motor ini pada sayap dan diapit oleh sein sehingga tidak ikut membelok. Adapun lampu utama Edge dan Smash terlihat mirip, desainnya adalah komposisi konvensional. Sementara itu, sein berada di sayap, sedangkan Smash berukuran lebih besar. Adapun lampu belakang Edge memberi efek LED sehingga terkesan mewah.

Spidometer
Bukan sekadar desain, melainkan ada ukuran standar pada bagian ini, seperti informasi kecepatan, angka percepatan, penunjuk volume bahan bakar, dan penerangan sein kanan-kiri. "Sayang, tak semua bebek di Indonesia dilengkapi penunjuk RPM (putaran mesin). Padahal, itu penting karena merupakan salah satu fitur informasi keselamatan," ungkap Edi Setiadi Putera, Dosen Desain Produk.

Informasi sebenarnya bisa diambil dari angka percepatan. Dari keempat bebek, hanya Edge dan Blade yang memberi informasi sebenarnya. Perpindahan gigi dari 1 sampai 4 dibikin vertikal. Jadi, jika perindahan gigi semakin ke atas, maka kecepatan motor semakin meningkat.

Untuk posisi sein yang menyala sesuai arahnya, hanya Blade dan Jupiter Z yang jelas. Karena sinyalnya terpisah, pengendara tahu mana yang menyala.

Keempat motor masih menggunakan angka "0" sampai tertinggi yang dibuat melingkar. Desain seperti ini enggak jujur. Begitu juga dengan penunjuk bahan bakar yang mirip seperti percepatan.

Bagasi
Untuk bagasi, Honda Blade paling besar, meski desainnya segitiga oval. Ruang bagasi sedikit lebih aman karena aki di bawah bagasi dan terlindungi penutup. Selain jas hujan, gadget ukuran standar bisa disimpan di sini.

Desain bagasi Smash hampir mirip dengan bagasi Blade. Bentuknya segitiga oval seperti New Jupiter Z. Namun, volume sedikit terpangkas ruang aki yang berada di depan. Demikian juga Jupiter Z sehingga helm full face tak bisa masuk.

Bagasi Edge hampir berbentuk segi empat dengan kedalaman 7 cm. Asyiknya, jas hujan yang disimpan di sini enggak harus dilipat.

Harga
New Jupiter Z dibanderol Rp 14,6 juta. Honda Blade Rp 13,65 juta, dan diperkirakan sama dengan Kawasaki Edge. Adapun Suzuki New Smash dilego Rp 12,55 juta. (KR15,Niko,Hend)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com