Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha YZF-R125, Ergonomi dan Serasa Moge

Kompas.com - 30/11/2009, 10:41 WIB

First Ride

KOMPAS.com — Yamaha YZF-R125 baru tersedia 2 unit dan khusus edisi terbatas dengan grafis Valentino Rossi. Jika berminat, maka Anda harus bersabar karena motor-motor ini sudah keburu disambar konsumen lain. "Bakal dijual banyak pada 2010," janji David Hendrick dari importir umum Pro Bike.

Dari hasil uji jalan yang dilakukan Em-Plus, ada empat kesan yang dirasakan dari motor berkapasitas 124,66 cc ini. Performanya mirip V-ixion, padahal dari spek teknik, silinder lebih kecil 25 cc. Bila R125 bertenaga 11,75 dk, maka V-ixion 11,88 dk.

Kesan pertama, motor yang dibanderol Rp 95 juta ini terasa tinggi dan beda dibanding Kawasaki Ninja 250R. Jok YZF-R125 memiliki tinggi 818 mm. Kedua, posisi motor terasa lebih menungging, dan footstep lebih tinggi sehingga siku bersentuhan dengan lutut saat badan merunduk. Ketiga, laju motor seperti pelan. Ketika digeber pada gigi satu, kecepatan motor hanya pada angka 27. Namun begitu dicermati, ternyata angka 27 tadi menggunakan satuan MPH alias mile per hour. Berarti, kecepatan maksimum gigi satu motor ini mencapai 43,45 km/jam, sedangkan gigi 2 mencapai 75,64 km/jam.

Terakhir, peran suspensi dan rem sangat mendukung. Saat menikung, motor ini nurut diajak rebah ke kiri atau ke kanan. "Khusus R125, bentuk dan ergonomi berkendaranya sudah seperti moge," papar Hendrick. (Eka.Aong)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com