Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor-motor Yamaha di Tokyo Motor Show Ke-41

Kompas.com - 20/10/2009, 19:15 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Besok adalah hari pembukaan pertama Tokyo Motor Show untuk wartawan. Buat umum, pameran itu dibuka pada Jumat 23 Oktober 2009. Selain mobil, sepeda motor juga dipamerkan.

Yamaha, sebagai produsen terbesar kedua Jepang, pada TMS kali ini memamerkan beberapa produk, baik yang sudah diproduksi, maupun konsep atau sebagai referensi.

Berbagai sepeda motor, mulai dari model klasik, mesin besar 1.679 cc, sampai bertenaga listrik, dipamerkan oleh Yamaha. Seperti tahun sebelumnya, Yamaha kembali mengusung tema “The Arts of Engineering”. Inilah motor-motor yang dipamerkan Yamaha.

SR400 FI
Moge ini pertama kali dirlis pada Maret 1978. Versi SR400 terbaru tetap tampil dengan kesederhanaannya. Walau menggunakan mesin silinder tunggal, motor itu kini sudah menggunakan sistem injeksi. Panel instrumen tampil dengan desain retro-modern baru.

VMAX
Flagship Yamaha merupakan model 2009 atau generasi kedua. Model mengalami perubahan total. Model terbaru menggunakan mesin 1.679 cc dan rangka aluminiun.

YZR-R1
Supersport 1.000 cc versi 2009 atau terbaru ini merupakan generasi ke-6 dari R1. Mesin baru mengadopsi desain crankshaft crossplane, seperti YZR-M1.

YZ450F
Ini khusus untuk balapan off-road atau motokros. Sebelumnya, motor yang digunakan di arena tersebut umumnya bermesin 2-langkah. Kini, Yamaha melakukan revolusi terhadap l YZ-F dengan mencangkokkan mesin 4-langkah. Ini motor pertama yang menggunakan sistem injeksi.

YZR-M1
Motor balap YZR-M1 telah membuktikan dominasi tim Fiat-Yamaha pada MotoGP 2008, dan tahun ini dengan pebalapnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

“M” pada model ini adalah singkatan dari “Mission”, yaitu cara Yamaha untuk mendapatkan teknologi balap yang selanjutnya dimanfaatkan untuk sepeda motor produksi massal.

Motor ini bermesin 4-langkah dan berpendingin cairan, DOHC, 4 silinder segaris, empat katup per silinder plus cranksahft crossplane.

EC-03
Motor kecil ini 100 persen menggunakann tenaga listrik dengan baterai lithium-ion dan rangka aluminium. Ia juga dilengkapi teknologi yang membuat motor ini bisa dijalankan dengan mulus dan berakselerasi secara cepat. Perlengkapannya mencakup charger yang bisa dicolokkan ke soket atau stop kontak rumah.

EC-f/EC-fs
Motor yang unik ini juga mengandalkan tenaga listrik. Ia dirancang agar siapa pun bisa menungganginya. Yamaha menilai penampilannya futuristik.

TMAX
TMAX adalah kategori baru automatic supersport. Motor ini agresif sekaligus enak dipakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com