Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Menjaga Mutu Layanan, Keterampilan Mekanik Dilombakan

Kompas.com - 19/10/2009, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menjaga agar kualitas layanan purnajual PT Astra International Tbk-Auto2000 tetap memuaskan, keterampilan pelaksana lapangan—mekanik dan karyawan di bagian suku cadang—selalu ditingkatkan. Caranya dengan mengadakan kontes keterampilan secara reguler, baik tingkat regional, maupun nasional.

Auto2000 menyebut acara tersebut dengan kontes "After Sales Service". Pada kontes tingkat nasional 2009 yang dilangsungkan pada Minggu (19/10) di Auto2000, Sunter, ada perlombaan berbagai kemampuan dan keterampilan teknisi Auto2000 dalam melayani pelanggan serta mengerjakan perbaikan dan pemeliharaan mobil.

Pos layanan yang keterampilannya dilombakan adalah Service Advisor, Mekanik General Repair, Mekanik Body Paint, Foreman, Partman, Petugas Pre Delivery Service dan petugas Toyota Home Service. Dalam hal ini, tidak hanya kualitas kerja yang dinilai, tetapi juga kecepatan kerja. Selain praktik, terutama buat mekanik, juga ada ujian teori.

"Mekanik dan semua petugas bengkel kami harus memiliki keterampilan untuk menjamin kepuasan pelanggan. Bengkel ibarat rumah sakit dengan moto fix right in the first time. Kualitas layanan adalah poin yang tidak bisa ditawar lagi," papar Tony H Supatra, Chief Marketing Auto2000.

Handy K Halim, Aftersales Division Head Auto2000, mengatakan bahwa layanan purnajual adalah ujung tombak untuk menunjang penjualan mobil. Kontes ini diharapkan dapat membangun motivasi, kreativitas, dan profesionalisme mereka yang bertugas melayani pemilik mobil Toyota.

“Saat ini, iklim bisnis mobil semakin kompetitif. Salah satu pendekatan agar pelanggan loyal dan juga menarik pelanggan baru, layanan purnajual harus baik, harus memuaskan semua pelanggan,” tutup Handy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com