Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tiger Kecebong Kelahiran Pontianak

Kompas.com - 12/10/2009, 16:38 WIB


KOMPAS.com - Streetfighter, hot rod, drag look atau racing look merupakan aliran modifikasi yang dianut para builders saat merombak motor jenis sport atau bebek. Tapi Eriko, punggawa Kiko Custom dari Pontianak, Kalimantan Barat malah enggak bisa menyebutkan arah karyanya pada Honda Tiger 2006.

Katanya, bentuknya masih belum jelas. Malah ia menegaskan rupanya mirip kecebong. Kategorinya bisa masuk sebagai ubahan ekstrem karena potong rangka dan mengubah bodi secara total. Malah ada penambahan rangka baru di bagian samping yang menggunakan pipa bulat berdiameter 1 inci.

Fungsi kerangka tambahan di samping itu, menurut Kiko - sapaan karib Eriko - sebagai dudukan tangki custom. Selain itu, sangat pas untuk menimbulkan kesan kokoh. Pemasangannya menggunakan baut yang diletakkan ke kerangka asli dan lengan ayun (swing arm).

Untuk bodi, bagian tengah dibikin ramping. Beda sama bagian depan atau buritan yang terkesan membengkak. Khususnya belakang, bentuknya unik dan aplikasi dari Yamaha Mio. Alhasil, banyak yang bertanya kenapa modelnya seperti itu.

Agar belakang menungging, rangka belakang dipotong dan redesain. Cukup unik juga model jok dengan bagian tengah ada bulatan cukup besar. Meski sosok tampilan cukup aneh, tapi Kiko berani menjamin motor ini layak jalan.(Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com